Inilah Karakter Motor yang Cocok untuk Perkotaan, Tips #Cari_aman

Jumat 26-07-2024,19:12 WIB
Reporter : Dony Widyo
Editor : Dony Widyo

SEMARANG – Motor bisa akselerasi cepat memberikan sensasi adrenalin, menegangkan dan menyenangkan bagi sebagian orang.

Bagi beberapa individu, sensasi adrenalin menjadi cara untuk mengatasi rasa bosan atau monoton dalam kehidupan sehari-hari.

Perasaan terdorong ke belakang saat motor melaju akselerasi adalah pengalaman yang sulit dilupakan, dan bagi sebagian orang adalah candu merasakan hal tersebut.

Akselerasi cepat membuat mesin bekerja lebih keras, menghasilkan panas yang lebih tinggi dan tentu membutuhkan lebih bahan bakar untuk menghasilkan tenaga yang dibutuhkan.

Motor dengan akselerasi cepat dan kecepatan tinggi cocok digunakan untuk Sirkuit Balap, Balap drag race atau Track Day di sirkuit menjadi pilihan yang tepat.

Meskipun akselerasi cepat terdengar menarik, namun dalam konteks perkotaan, terdapat beberapa alasan mengapa motor dengan spesifikasi seperti ini kurang cocok.

1. Kondisi Jalan dinamis area perkotaan, kemacetan adalah hal yang umum. Akselerasi cepat justru akan membuat pengendara sering melakukan pengereman yang mendadak atau lebih kuat karena gaya inersia motor spesifikasi seperti ini lebih kuat. Apalagi cara motor berakselerasi memiliki lonjakan tenaga di rpm tertentu justru akan merepotkan pengendaranya karena akan selalu mengkoreksi pengendalian agar motor tidak terlalu liar didalam ruang yang terbatas. Hal ini memungkinkan  meningkatkan risiko kecelakaan.

2. Belokan Tajam di wilayah perkotaan dan persimpangan. Akselerasi yang galak membuat pengendara kesulitan mengendalikan motor saat berbelok, harus banyak dikontrol agar stabil saat belok dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

3. Reaksi pengendara yang lamban. Akselerasi cepat membutuhkan respons yang cepat pula dari pengendara. Jika pengendara tidak cukup berpengalaman atau lengah, reaksi yang terlambat bahkan lamban dapat berakibat fatal.

4. Batas Kecepatan yang diterapkan dibanyak kota, terdapat batasan kecepatan yang harus dipatuhi. Motor dengan akselerasi cepat akan sulit untuk dikendalikan agar tetap berada dalam batas kecepatan yang ditentukan.

5. Motor dengan akselerasi cepat umumnya memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih boros. Hal ini tentu saja akan membebani pengeluaran pengendara, terutama jika sering digunakan di perkotaan.

6. Motor dengan akselerasi cepat jika sering digunakan diperkotaan lebih membutuhkan banyak kekuatan dari pengendaranya dalam mengendalikan harian.

Lantas bagaimana motor yang nyaman digunakan diperkotaan, yaitu

1. Akselerasi Halus dan Responsif, motor dengan akselerasi yang halus dan responsif akan lebih mudah dikendalikan dalam kondisi lalu lintas yang padat. Bahkan dibeberapa kondisi, menurunkan kecepatan cukup lepas gas, tidak perlu mengerem. Dengan akselerasi yang halus, pengendara memiliki waktu untuk memperkirakan manuver yang akan dilakukan selanjutnya, dibanding mengendalikan motor yang akselerasi spontan berujung pada pengereman kuat, sebelum manuver selanjutnya dikepadatan kota.

2. Desain postur duduk yang Ergonomis, jemari mudah menjangkau instrumen yang diperlukan saat berkendara, Stang minim getaran dan genggaman stang terasa pas. Posisi lengan menekuk rileks, stang tidak terlalu tinggi atau rendah, ruang yang cukup untuk lutut ketika duduk, telapak kaki tersedia ruang untuk menapak sempurna dan ketika lutut pegal, tersedia ruang untuk meluruskan kaki atau leisure foot mode diwaktu berkendara.

Kategori :