Rangkaian HUT ke-13 dan Peduli Budaya Lokal, PT BPI Dukung Sedekah Laut di Roban sebagai Bagian Program CSR

Senin 29-07-2024,18:57 WIB
Reporter : Dony Widyo
Editor : Dony Widyo

Batang - Salah satu bentuk dari komitmen perusahaan dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat sekitar, khususnya masyarakat nelayan di Roban Barat, PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) sebagai pemilik PLTU Batang kembali berpartisipasi sebagai sponsor dalam acara sedekah laut di Laut Jawa Perairan Roban.

Acara yang berlangsung pada tanggal 28-29 Juli 2024 ini merupakan tradisi tahunan yang digelar oleh para nelayan sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil tangkapan ikan yang mereka dapatkan.

Acara sedekah laut atau larungan yang berlangsung meriah ini tidak hanya menjadi ajang budaya dan tradisi tahunan masyarakat nelayan, tetapi juga menjadi momen penting untuk mempererat hubungan antara BPI dan warga Roban Barat.

Dukungan dari perusahaan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat serta pelestarian budaya lokal.

BACA JUGA:Peduli Pelestarian Budaya, Tradisi dan Kesenian Lokal, BPI Dukung Kegiatan Batang Art Festival 2024

BACA JUGA:Dari Batik Night Carnival Hingga Ragam Seni Pertunjukan Meriahkan Batang Art Festival ke-6

Bambang Sugino yang akrab dipanggil Wage, selaku tokoh nelayan Roban, memberikan apresiasi terhadap kontribusi, kerjasama dan kepedulian BPI melalui berbagai program CSR yang dilakukan secara rutin setiap tahunnya untuk warga nelayan.

Selain peduli dengan budaya lokal, BPI juga telah memberikan berbagai program CSR seperti bantuan modal usaha untuk nelayan, perbaikan infrastruktur sekolah untuk anak-anak, mendirikan perpustakaan desa.

Pihak PT BPI juga telah memberikan dukungan UKM untuk isteri nelayan, penanaman cemara laut dan mangrove di pesisir pantai Roban.  

"Kami sangat berterima kasih kepada PT Bhimasena Power Indonesia atas dukungan yang telah diberikan. Dengan adanya dukungan ini, acara larungan atau sedekah laut dapat berjalan dengan lebih baik dan meriah. Ini adalah bentuk nyata dari kepedulian perusahaan terhadap masyarakat di Roban Barat. Kami berharap semoga hubungan BPI dengan kami tetap berlanjut dan kami mendoakan BPI selalu jaya," terang Wage pada sambutannya.

Sementara itu, Melalui CSR & Community Relation, Ahmad Lukman, General Manager Stakeholder Relation PT Bhimasena Power Indonesia, Aryamir Husein Sulasmoro menyampaikan  terima kasih kepada warga Roban Barat yang senantiasa memberikan dukungan. Termasuk bekerjasama dengan BPI melalui beragam program CSR yang telah dilakukan setiap tahunnya.

"Kami sangat senang dapat berpartisipasi dalam acara sedekah laut ini, terlebih momen ini juga bertepatan dengan HUT BPI yang ke 13," katanya.

Pihak BPI juga menegaskan senantiasa berkomitmen untuk mendukung kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

"Kami pun berharap kontribusi kami dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan dan mempererat hubungan baik antara perusahaan dan masyarakat di sekitar PLTU Batang," harap Ahmad Lukman.

Acara sedekah laut ini diikuti oleh ratusan masyarakat yang sangat antusias, termasuk para nelayan, tokoh masyarakat, dan pejabat lokal.

Kegiatan ini diisi dengan berbagai acara menarik seperti parade perahu, hiburan tradisional, dan doa bersama Gus Miftah untuk keselamatan dan kesejahteraan nelayan.

Dengan adanya dukungan dari PLTU Batang, diharapkan acara sedekah laut ini dapat terus berlangsung setiap tahunnya dengan lebih meriah dan membawa manfaat bagi masyarakat Roban Barat dan nelayan pada umumnya. (*)

Kategori :