Studio Sejauh Kini Hadir di Pekalongan, Ruang Kolaborasi Untuk Industri Fesyen Membangun Sandang Indonesia

Kamis 08-08-2024,05:39 WIB
Reporter : Dwi Fusti Hana Pertiwi
Editor : Dony Widyo

Studio yang terletak di Jl. Karya Bakti No.196, Kota Pekalongan, ini diharapkan mampu menjadi lokasi utama bagi para pegiat bisnis circular fashion untuk mengakses keterbukaan informasi yang dapat mendukung upaya bisnis agar dapat berjalan secara lebih bertanggungjawab. 

“Saat ini, sulitnya akses bagi para pelaku bisnis serupa untuk mengenal dan mendapatkan informasi terkait produksi maupun vendor dengan proses yang bertanggung jawab terkadang menghambat kemajuan dari label-label yang baru. Kami ingin berkontribusi lebih pada lahirnya label-label baru dengan memberikan akses yang tepat dan peluang berkolaborasi dengan artisan lokal yang juga berkualitas baik,” jelas Chitra. 

BACA JUGA:Pencurian di Toko Arofah Karangdadap Terekam CCTV, Tim Resmob Polres Pekalongan Tangkap Pelaku di Randudongkal

Sementara, Pendiri CraftDenim.id, Raden Asyfa Fuadi, mengatakan bahwa kolaborasi ini penting dan bermanfaat untuk memberikan gairah kultur tenun di Pekalongan yang semakin meredup.

"Dukungan dan keterbukaan yang diberikan oleh Studio Sejauh tidak hanya akan membantu kami dalam melestarikan wastra nusantara seperti tenun, tetapi juga memperkuat kedaulatan sandang di Indonesia,” tutur Raden Asyfa Fuadi.

BACA JUGA:Wujudkan Zero Halinar, Kamar Napi Lapas Pekalongan Kembali Digeledah, Puluhan Napi Dites Urine

Menurutnya, semangat kolaborasi yang diusung oleh Studio Sejauh memberikan kesempatan bagi para artisan dan UMKM untuk berdaya, berkarya, dan menciptakan dampak positif bersama-sama. 

Bulan Agustus ini, Studio Sejauh akan segera meluncurkan program publik pertamanya, 'Tumbuh Benih Jadi Sandangi' yang berkolaborasi dengan para mitra Studio Sejauh yaitu Sekar Kawung, Bidadariku, CraftDenim.id, Shibiru, dan Rabersa. 

BACA JUGA:Pelaku Usaha UKM di Pekalongan Diajak Buat Konten Digital Promosi Produk Unggulan

Melalui inisiatif ini masyarakat di undang untuk menanam kembali kapas, merawatnya, hingga memanen. Nantinya, Kapas yang dipanen kemudian akan dipintal menjadi benang dan ditenun menjadi kain oleh para kolaborator Studio Sejauh, yang kemudian akan dikembalikan kepada peserta. 

Chitra melanjutkan, melaluinprogram ini berharap mampu melibatkan masyarakat lebih luas lagi dalam setiap langkah produksi kain, serta meningkatkan pemahaman tentang praktik tekstil yang berkelanjutan serta sirkular. (Ap3)

Kategori :