Meriahkan HUT RI ke 79, Pemdes Jagung Gelar Berbagai Kegiatan

Minggu 18-08-2024,21:07 WIB
Reporter : Rifki
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Dalam peringatan Hut ke 79, Pemerintah Desa Jagung Kecamatan Kesesi menggelar berbagai kegiatan. Dalam peringatan puncak detik detik proklamasi tingkat Kecamatan Kesesi digelar di Lapangan Desa setempat. 

Upacara puncak peringatan detik detik proklamasi dihadiri oleh Forkopimcam Kesesi, ASN Kecamatan Kesesi, Kepala Desa se Kecamatan Kesesi, tokoh masyarakat, anak sekolah dan ribuan warga sekitar. 

Sebelum puncak acara, digelar malam tirakatan dengan wawasan kebangsaan narasumber Camat Kesesi, Fuadi Jaman dan Kapala Kesbangpol Kabupaten Pekalongan, Haryanto Nugroho. Acara sebelumnya diisi dengan lomba gunungan tumpeng dan lomba K3. 

Sedangkan peringatan 17 Augustus 2024 selain digelar upacara pengibaran bendera merah putih, juga diisi dengan karnaval dan yel yel dari 14 RT Desa Jagung Kecamatan Kesesi. 

Camat Kesesi, Fuadi Jaman menyampaikan upacara dalam rangka Hari Kemerdekaan ke 79 Republik Indonesia tingkat Kecamatan Kesesi di pusatkan di lapangan Desa Jagung Kecamatan Kesesi. 

Semua unsur baik dari Pemerintahan, Pendidikan dan warga masyarakat dilibatkan dalam acara yang diselenggarakan secara bergilir di setiap tahunnya dari desa ke desa se-Kecamatan Kesesi.

Adapun saat pelaksanaan, semua komponen masyarakat sangat antusias dalam upacara hari kemerdekaan dengan penuh semangat. Ia merasa bangga karena masyarakat Desa Jagung Kecamatan Kesesi guyub rukun dan mampu menampilkan kreasi dalam lomba karnaval tingkat Desa Jagung. 

"Kami dari Forkompimcam sangat berbangga sekali dan betul-betul Desa Jagung menampilkan yang terbaik, sebagai tuan rumah pelaksanaan peringatan HUT RI tingkat Kecamatan Kesesi," terangnya.

Diakui, pelaksanaan upacara HUT RI di tingkat Kecamatan Kesesi dilaksanakan bergiliran atau bergantian setiap tahunnya. Hal itu sekaligus sebagai pengecekan terhadap pembangunan di masing-masing desa. Dan kegiatan ini merupakan momen yang kedua setelah tahun lalu dilaksanakan di desa Podosari. 

"Yang kita sasarkan adalah kita betul-betul menyentuh warga masyarakat. Sehingga ini merupakan kegiatan dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Jadi kita baik dari pemerintah maupun kecamatan memposisikan diri sebagai fasilitator dan masyarakat bergotong royong dan kekompakan dalam pelaksanaanya,"tambah Fuadi.

Sementara itu Kepala Desa Jagung, Ade Fernando Binarluhur Budi mengungkapkan proses persiapan agenda upacara hari merdeka di desanya cukup panjang. Hal itu merupakan bagian dari hasil kerja sama seluruh elemen baik dari Kecamatan, Desa terlebih semua lapisan masyarakat. Seluruh persiapan yang dilakukan Desa Jagung selaku tuan rumah memakan waktu selama tiga bulan. Termasuk petugas Paskibra merupakan muda-mudi asli Desa Jagung Kecamatan Kesesi.

"Harapan kami dengan adanya kegiatan ini dapat menciptakan jiwa nasionalisme. Karena hal ini merupakan sesuatu yang luar biasa karena dapat menjadi tuan rumah pelaksanaan peringatan hari kemerdekaan RI,"ungkap Fernando.

Sementara di akhir upacara digelar lomba karnaval antar RT se-Desa Jagung. Masing-masing RT menampilkan kreasinya yang nantinya akan dinilai oleh dewan juri dan tamu undangan. Peserta lomba karnaval melibatkan 14 RT yang tersebar dari 4 RW.

Tags :
Kategori :

Terkait