Ini Dia Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Pekalongan Ke 402, Pekan Raya Kajen 23-27 Agustus 2024

Senin 19-08-2024,21:12 WIB
Reporter : Rifki
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Sejumlah rangkaian kegiatan bakal meramaikan Hari Ulang Tahun (HUT) atau Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke 402. Adapun kegiatan dipusatkan di Komplek Alun Alun Kajen. 

Peringatan HUT Kabupaten Pekalongan ke 402 jatuh pada 25 Agustus 2024. Meski begitu sejumlah rangkaian acara dilaksanakan sampai September 2024.

Ketua Panitia Perayaan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan, Trisno Suharsanto didampingi wakil Panitia, Supriyadi menyampaikan bahwa HUT tahun 2024 ini ke 402. Hari jadi ini sudah yang ke empat abad karena lahir 1622.

''Karena ini ulang tahun Kabupaten Pekalongan, kami akan menggelar beberapa kegiatan bersifat memberikan hiburan ke masyarakat,'' tandas dia.

Untuk tanggal 20-21 Agustus 2024 akan dilaksanakan sepakbola mini, lomba banyak, lomba tarik tambang lokasi di Lapangan Belakang Setda. Kemudian di 23 akan dilakukan ziarah makam Mandurorejo yang ada di Kendal. 

"Setelah itu pada malamnya akan ada pembukaan Pekan Raya Kajen (PRK) jam 20.00 WIB lokasi di Alun Alun Kajen dan berakhir pada 27 Agustus 2024. Kita mencoba menggandeng seluruh pelaku UMKM baik itu yang rutin melakukan kegiatan di Alun Alun Kajen atau Kecamatan lain," ujarnya. 

Namun demikian, lanjut dia, karena keterbatasan lokasi UMKM tetap dilibatkan seperti dari Kedungwuni, Wiradesa dan Kecamatan lain. Dalam kegiatan PRK ini ada banyak item, seperti mewarnai, dangdut idol, lomba nyeduh kopi paling enak. 

"Kemudian kita juga menggelar kegiatan diluar Alun Alun, tanggal 24 Agustus 2024 seperti Pawai mobil hias, dari Kajen, Bojong, Surobayan, Podo, Pakis Putih, Doro kembali ke Kajen. Pesertanya dari perangkat daerah, BUMD dan lainnya," jelasnya. 

Setelah pawai, pada malam hari dilanjutkan dengan doa bersama di Pendopo Rumah Dinas. Pada 25 Agustus 2024 ini HUT diadakan acara mulai pagi hari, ada apel besar kemudian ada sidang paripurna DPRD, hiburan kemasan menggunakan talkshow gempur rokok. 

"Pada malamnya ada resepsi ada musik, kembang api, dan ini semua memang bahasa kami memberikan hiburan kepada masyarakat yang namanya Kabupaten ulang tahun."

Untuk tanggal 26 Agustus 2024 ada Kajen Dangdut Idol, ditempat terpisah masih di Alun Alun Kajen ada pagelaran Wayang Kulit. Rencana Ki Dalang Sapta Aditia Anindita, dengan lakon ''Wahyu Kamulyan Jati'' atau ''Wahyu Topeng Wajah''.

Selanjutnya pada 30 Agustus 2024 Kajen Night Carnival terbuka untuk umum siapa saja bisa ikut. 31 Agustus 2024 masih rangkaian juga ada on air dari salah satu televisi swasta dengan berbagai artis ibu kota. 

"Bulan September 2024 ada kegiatan religi Kabupaten Pekalongan bersholawat," imbuhnya.

Tags :
Kategori :

Terkait