Jangan Asal Daftar! Inilah Trik untuk Memilih Formasi CPNS 2024 yang Harus Kalian Perhatikan

Rabu 28-08-2024,11:39 WIB
Reporter : Yanuar Faturahman
Editor : Dony Widyo

Semakin banyak pilihan yang sesuai dengan kualifikasi kalian, maka semakin besar pula kesempatan kalian untuk menemukan formasi yang mungkin kurang diminati orang lain, namun tetap sesuai dengan latar belakang pendidikan kalian.

2. Hindari Instansi Favorit Jika Kurang Percaya Diri

Instansi favorit seperti Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan biasanya menarik banyak pelamar setiap tahunnya.

Jumlah pelamar yang tinggi berarti persaingan semakin ketat. Jika kalian merasa kemampuan kalian tidak cukup untuk bersaing di instansi-instansi besar ini, sebaiknya pertimbangkan untuk melamar di instansi yang pelamarnya lebih sedikit.

BACA JUGA:Pamerkan Hasil Karya Mahasiswa, Prodi Kriya Batik Gelar Pameran Karya dan Fashion Show

BACA JUGA:Tingkatkan Literasi & Pengabadian Budaya, Mahasiswa KKN TIM II Undip Buat Buku Cerita Asal Usul Desa Kalijambe

Melamar di Pemda atau instansi lain yang kurang populer bisa menjadi strategi yang cerdas. Meski mungkin terdengar kurang menarik, namu peluang kalina untuk lolos justru bisa lebih besar karena jumlah pelamarnya yang lebih sedikit.

Penting untuk diingat bahwa tujuan utama kalian adalah lolos seleksi, sehingga bijaklah dalam memilih instansi.

3. Jangan Terburu-Buru Submit Pendaftaran

Banyak pelamar yang terburu-buru untuk menyelesaikan proses pendaftaran, padahal hal tersebut bukan tentang siapa yang paling cepat mendaftar.

Sebaiknya, kalian menunggu hingga pertengahan atau akhir masa pendaftaran. Mengapa demikian? Beberapa formasi baru sering kali muncul di pertengahan atau akhir masa pendaftaran.

BACA JUGA:ITSNU Pekalongan dan LKMS Kasuwari Gelar Pelatihan Pemasaran Digital dan Kewirusahaan Bagi Pelaku UMKM

BACA JUGA:PLN UP3 Pekalongan Ajak Generasi Muda Bijak dan Aman Gunakan Listrik

Formasi tersebut mungkin saja lebih cocok dengan kualifikasi dan minat kalian. Jika kalian sudah buru-buru mengirimkan pendaftaran di awal, kalian mungkin akan melewatkan kesempatan ini.

Ingatlah, yang paling penting dalam pendaftaran CPNS adalah kelengkapan dan kesesuaian berkas.

Oleh karena itu, pastikan kalian memeriksa semua persyaratan dan berkas dengan teliti sebelum mengklik tombol submit. Ketelitian dalam proses ini dapat meningkatkan peluang kalian untuk lolos seleksi administrasi.

Kategori :