Yayasan Al Ummah Gelar Media Visit ke Radar Pekalongan, Bahas Pengelolaan Media untuk Lembaga Pendidikan

Minggu 06-10-2024,16:43 WIB
Reporter : Ade Asep Syarifuddin
Editor : Ade Asep Syarifuddin

RADARPEKALONGAN.CO.ID- Yayasan Pendidikan dan Pengembangan Sumberdaya Insani (YP2SI) Al Ummah melakukan kunjungan resmi ke kantor Radar Pekalongan Jumat, 4 Oktober 2024. 

Kunjungan ini dipimpin oleh Kabag Humas dan Litbang Badan Pelaksana Harian YP2SI Al Ummah, Shofiyatul Amal yang bertemu langsung dengan Direktur Utama Radar Pekalongan, Ade Asep Syarifudin, C.Ht. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antara kedua lembaga sekaligus membahas tantangan dan peluang dalam pengelolaan media pendidikan.

Dalam pertemuan tersebut, YP2SI Al Ummah dan Radar Pekalongan berdiskusi tentang pentingnya media sebagai alat komunikasi strategis dalam meningkatkan citra dan branding lembaga pendidikan. 

Ade Asep Syarifudin menggarisbawahi peran media lokal dan mainstream dalam membangun kepercayaan publik terhadap institusi pendidikan di tengah dominasi arus media sosial.

“Media sosial saat ini sangat dominan sebagai sumber informasi, namun untuk mendapatkan informasi yang kredibel, media massa atau mainstream masih lebih dipercaya dalam hal kredibilitas dan validitasnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, diskusi juga menyinggung tantangan yang dihadapi lembaga pendidikan dalam membangun citra positif.  "Media itu hanyalah corong atau toa, yang paling utama adalah apa yang benar-benar terjadi di dalam lembaga pendidikan itu." imbuhnya. 

Namun, di sisi lain, peluang untuk memperluas jangkauan dan menarik lebih banyak calon siswa terbuka lebar melalui media sosial dan platform online lainnya. 

Media lokal, menurut Radar Pekalongan, dapat menjadi mitra yang efektif dalam menyebarluaskan informasi terkait program pendidikan, pencapaian, dan inisiatif yang dilakukan oleh lembaga pendidikan.

Poin penting lainnya yang dibahas adalah tentang positioning lembaga pendidikan di tengah persaingan yang semakin ketat. 

YP2SI Al Ummah berkomitmen untuk memposisikan diri sebagai lembaga yang tidak hanya unggul dalam pendidikan berbasis nilai-nilai keislaman, tetapi juga adaptif terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan pendidikan modern. 

Positioning yang kuat dalam pendidikan sangat diperlukan untuk memperkuat kehadiran lembaga pendidikan di masyarakat, terutama dalam memberikan solusi pendidikan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Melalui kunjungan ini, YP2SI Al Ummah berharap dapat memaksimalkan peran media dalam pengelolaan dan pengembangan lembaga pendidikan ke depannya. 

Kolaborasi strategis antara lembaga pendidikan dan media massa diharapkan mampu membawa perubahan positif, baik dari sisi pengelolaan informasi maupun peningkatan positioning lembaga di mata publik. (sep)

Kategori :