Terima Mahasiswa KKN dari UIN Gus Dur, Pjs Bupati Pekalongan Tekankan Pentingnya Pemberdayaan Masyarakat

Senin 28-10-2024,15:38 WIB
Reporter : Rifki
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Pjs Bupati Pekalongan, Widi Hartanto, menerima kedatangan mahasiswa dari Universitas Islam Negeri KH Abdurrahman Wahid (UIN Gus Dur) Pekalongan yang akan melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan Ke-60. Acara seremonial penerimaan mahasiswa ini digelar di Aula Lantai I Setda Kabupaten Pekalongan pada Senin 28 Oktober 2024.

Dalam sambutannya, Pjs Bupati Widi menekankan pentingnya peran KKN dalam pemberdayaan masyarakat, sekaligus sebagai sarana mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh sehingga memberikan dampak positif. Ia juga mengimbau mahasiswa untuk mendorong potensi lokal, khususnya UMKM, mengingat sektor ini memiliki ketahanan ekonomi yang kuat.

“Terkait potensi lokal, kita perlu menggali apa yang ada di wilayah sekitar. Misalnya, jika ada UMKM atau area pertanian, kita harus menyesuaikannya agar selaras dengan muatan lokal,” ujarnya.

Lebih lanjut, Pjs Bupati Widi berharap mahasiswa dapat membantu mempercepat target pembangunan Kabupaten Pekalongan, terutama di tingkat desa.

“Teman-teman perlu berkontribusi dalam program percepatan pemerintah. Banyak program yang masuk ke desa, seperti ADD dan kegiatan lainnya yang didukung oleh pemkab, dinas, kecamatan, hingga desa,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan pentingnya kolaborasi pentahelix yang melibatkan pemerintah, dunia usaha, perguruan tinggi, masyarakat, dan media.

“Kolaborasi ini penting. Teman-teman dari perguruan tinggi bisa menjadi bagian dari sinergi ini, apalagi UIN sebagai perguruan tinggi negeri yang ada di Kabupaten Pekalongan,” jelasnya.

Terkhir, dalam kesempatan itu, Pjs Bupati Widi menyampaikan tentang prinsip Amati, Tiru, dan Modifikasi, sembari berharap para mahasiswa yang mengikuti KKN dapat berinovasi. Ia juga berpesan agar pada mahasiswa menghargai muatan lokal, adat istiadat, dan tradisi setempat.

“Karena kesuksesan kita dalam bekerja tanpa dukungan masyarakat, tanpa dukungan dari pimpinan di tingkat wilayah tersebut maka akan sulit, teman-teman tidak mungkin dapat berjalan sendiri,” tambahnya.

Acara ini diakhiri dengan simbolis penerimaan mahasiswa KKN melalui pemakaian jaket almamater UIN Gus Dur oleh Pjs Bupati Widi Hartanto dan LP2M UIN KH Abdurrahman Wahid kepada perwakilan mahasiswa, diikuti dengan sesi foto bersama.

Tags :
Kategori :

Terkait