Pjs Bupati Pekalongan Apresiasi Ikrar Damai Pilkada pada Hari Sumpah Pemuda 2024

Senin 28-10-2024,17:59 WIB
Reporter : Rifki
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten Pekalongan mengadakan upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-96 Tahun 2024 di Lapangan Belakang Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Pekalongan, Senin 28 Oktober 2024.

Upacara berlangsung khidmat dan diikuti oleh jajaran Forkopimda, kepala instansi vertikal, sekretaris daerah, staf ahli bupati, asisten Sekda, perwakilan akademisi, serta ratusan pemuda, PGRI, dan ASN.

Pada kesempatan ini, Pjs Bupati Pekalongan, Widi Hartanto sebagai Pembina upacara membacakan sambutan tertulis dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Ario Bimo Nandito Ariotedjo. Sambutan tersebut mengusung tema "Maju Bersama Indonesia Raya," yang mengajak semua elemen untuk meningkatkan pelayanan kepemudaan demi mencapai Indonesia yang sejahtera secara bersinergi di tingkat pusat dan daerah.

Upacara juga diisi dengan pembacaan Ikrar Damai Pilkada Serentak 2024 yang dipimpin perwakilan pemuda Kabupaten Pekalongan. Dalam ikrar tersebut, mereka berkomitmen mendukung pilkada dengan berpartisipasi aktif dan mengajak masyarakat untuk tidak golput, serta menolak dan melawan praktik politik identitas yang dapat merusak kerukunan, persatuan dan kesatuan.

Pjs Bupati Pekalongan Widi Hartanto memberikan apresiasi atas pembacaan ikrar tersebut dan berharap pilkada di Kabupaten Pekalongan berjalan lancar. 

"Saya menyampaikan apresiasi kepada perwakilan pemuda yang telah menyampaikan ikrar pemilu damai. Kita berharap agar ikrar pilkada damai di Kabupaten Pekalongan harapan kita bersama bisa berjalan dengan lancar tanpa halangan apapun," ujarnya.

Widi Hartanto juga mengharapkan peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024 mendorong pemuda untuk lebih aktif berkontribusi dalam pembangunan. 

"Pesan saya pada momentum hari sumpah pemuda tahun 2024 ini, kami berharap pemuda di Kabupaten Pekalongan dapat terus berkontribusi, berperan aktif dalam pembangunan khususnya di Kabupaten Pekalongan," tambahnya.

Setelah upacara bendera, Pjs Bupati Pekalongan melakukan penyerahan hadiah lomba Program Kepemudaan, yakni Lomba Kreasi Baris Berbaris Tingkat Kabupaten Pekalongan Tahun 2024 untuk jenjang SMA/SMK/MA. Juara 1 diraih oleh SMAN 1 Kedungwuni, diikuti oleh Juara 2 SMA N 1 Kajen.

Pada kesempatan ini, diumumkan juga bahwa pemuda-pemudi Kabupaten Pekalongan meraih prestasi di tingkat Provinsi Jawa Tengah, yakni Juara I Defile dalam Jambore Pemuda dan Juara 1 kategori Lomba Video yang diraih oleh Najwa Diah Widayati dari SMAN 1 Kajen.

Upacara ditutup dengan penampilan dari Juara 1 Lomba Kreasi Baris Berbaris Tingkat Kabupaten Pekalongan 2024, yaitu SMA Negeri 1 Kedungwuni.

Tags :
Kategori :

Terkait