Tingkatkan Kemajuan dan Kesejahteraan, Digelar Bursa Inovasi Desa

Senin 29-07-2019,14:57 WIB

BURSA INOVASI DESA - Kecamatan Kajen menggelar Bursa Inovasi Desa untuk desa di wilayah kajen bertempat di Gedung Pemuda Kajen.

KAJEN - Untuk untuk memajukan dan mensejahterahkan desa, digelar Bursa Inovasi Desa di wilayah Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan tahun 2019 di Gedung Pemuda Kajen, Senin (29/7/2019).

Melalui Bursa Inovasi Desa ini diharapkan bisa memaksimalkan potensi desa agar bisa maju, mandiri, demokratis dan sejahtera desa. Ini juga salah satu program dari Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) untuk memperkenalkan inovasi desa agar bisa dimaksimalkan dan bisa ditiru oleh desa yang lain.

Camat Kajen, Agus Purwanto menerangkan bahwa ada 3 bidang dalam bursa inovasi desa kali ini. Antara lain Menu Bursa SDM, Bursa Infrastruktur serta Bursa Pengembangan Ekonomi Lokal dan Kewirausahaan.

"Untuk di Kecamatan Kajen sendiri inovasi desanya kebanyakan masih rata-rata tentang air, jadi kita juga masih mencari inovasi desa lain yang sekiranya bisa kita kembangkan," ujar Agus.

Selain merupakan tugas dari Kemendes, bursa inovasi desa ini juga bertujuan untuk memaksimalkan program yang dibiayai oleh dana desa. Mengingat selama ini kecenderungannya dana desa itu masih untuk fisik saja.

"Dana desa itu tidak untuk pembangunan fisik saja, salah satunya ya melalui Bursa Inovasi Desa ini. Tujuanya untuk mendongkrak potensi desa untuk kesejahteraan masyarakat desa," terangnya.

Inovasi desa sendiri diambil dari potensi desa agar di masa yang akan datang mampu meningkatkan sumber pendapatan, dan nanti muaranya bisa untuk mengurangi kemiskinan dan mensejahterahkan desa. "Nanti muaranya dari pendapatan desa itu bisa mengurangi kemiskinan dan mensejahterahkan desa," tandas Agus. (rir)

Tags :
Kategori :

Terkait