Tingkatkan Kemitraan, Polres Pekalongan Kota Teken MoU dengan Radar Pekalongan

Jumat 31-01-2020,19:08 WIB

TANDA TANGAN - Penandatanganan MoU antara Polres Pekalongan Kota dengan Radar Pekalongan oleh Kapolres AKBP Egy Andrian Suez didampingi jajarannya dan Direktur Radar Pekalongan Ade Asep Syarifuddin di aula mapolres setempat, Jumat (31/1/2020). DOK POLRES PEKALONGAN KOTA

KOTA - Dalam rangka meningkatkan sinergitas dan kemitraan, utamanya berkaitan dengan penyebarluasan informasi kamtibmas, Polres Pekalongan Kota menjalin kerja sama dengan Harian Pagi Radar Pekalongan.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara Kapolres Pekalongan Kota AKBP Egy Andrian Suez dengan Direktur Radar Pekalongan Ade Asep Syarifuddin di aula mapolres setempat, Jumat (31/1/2020) siang.

Penandatanganan MoU ini disaksikan dan dihadiri pula Wakapolres, para Kabag, Kapolsek, Kasat, Kasi di jajaran Polres Pekalongan Kota, serta Kasubbag Humas AKP Suparji. Sedangkan dari Radar Pekalongan, hadir pula Rosikin selaku Pimpinan Perusahaan, Abdurrahman selaku Manager Iklan, dan M Ainul Atho' selaku Redaktur Pelaksana.

Kapolres AKBP Egy Andrian Suez dalam sambutannya menuturkan bahwa MoU ini merupakan salah satu bagian dari tujuh Program Prioritas Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, terutama pada poin keempat yakni Penguatan Manajemen Media.

Selain itu, kata Kapolres, MoU ini juga dalam rangka pelayanan kepada masyarakat terutama dalam hal keterbukaan informasi publik. "Ada hubungan timbal balik antara rekan-rekan media dengan kami, intinya terkait keterbukaan informasi publik," katanya.

Menurut Kapolres, pihaknya membutuhkan peran serta media untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan kepolisian, imbauan kamtibmas, sosialisasi, penegakan hukum, serta keberhasilan Polri dalam menjalankan tugas dan wewenangnya sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. Dengan bantuan publikasi media massa, kegiatan atau program yang dilakukan pihak Kepolisian diharapkan bisa tersampaikan ke masyarakat.

"Kami juga ada berbagai kegiatan yang perlu dipublikasikan agar diketahui publik, tidak hanya berkaitan dengan pengungkapan suatu perkara. Rekan-rekan media juga membutuhkan informasi yang 'up to date' untuk disampaikan kepada masyarakat," terangnya.

Kapolres menjelaskan, berbagai berita yang diinformasikan melalui media kepada masyarakat diharapkan dapat meningkatkan citra Polri di tengah masyarakat. Masyarakat juga bisa mengetahui bahwa Polri sudah bekerja dan menjalankan tugasnya, baik sebagai pengayom, pelindung, pelayan masyarakat, serta sebagai aparat penegak hukum.

"Setiap kali ada pengungkapan kasus, kita lakukan ekspos ke rekan-rekan media supaya bisa dipublikasikan ke masyarakat. Tujuannya agar masyarakat tahu bahwa kita menindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku terhadap semua pelaku tindak kriminal," tegas Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres berharap dengan adanya kerja sama ini, ke depannya akan terus ada hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antara Polres Pekalongan Kota dengan Radar Pekalongan.

Direktur Radar Pekalongan, Ade Asep Syarifuddin, menuturkan adanya kerja sama ini juga dalam rangka menyambung persaudaraan. Apalagi selama ini sudah terjalin kemitraan yang baik antara Polres Pekalongan Kota dengan Radar Pekalongan.

Asep mengungkapkan bahwa anggota Polri, tak terkecuali jajaran Polres Pekalongan Kota punya tugas mulia dan tugas berat yang diemban, dalam rangka pengabdian ke masyarakat.

Berkaitan dengan perkembangan dewasa ini, disampaikan Asep bahwa arus informasi berkembang begitu cepat. Terutama pesatnya perkembangan media sosial, yang tentunya ada sisi positif maupun negatif. Terkadang informasi muncul begitu saja tanpa tersaring terlebih dahulu.

Keberadaan media massa seperti Radar Pekalongan, punya tugas untuk menyampaikan informasi yang akurat kepada masyarakat, sekaligus sebagai kontrol sosial. "Kami juga bekerja sesuai dengan Undang-Undang Pers dan ada etika jurnalistik yang harus ditaati. Semoga ke depannya, kemitraan yang lebih erat terus terjalin," imbuhnya. (way)

Tags :
Kategori :

Terkait