Cegah Stunting, Ratusan Siswa Paud Diajak Gemar Makan Ikan

Cegah Stunting, Ratusan Siswa Paud Diajak Gemar Makan Ikan

MAKAN IKAN - Siswa Paud didampingi wali murid dan guru saat makan ikan lele bersama.

BATANG - Himpaudi Kecamatan Batang mengajak ratusan anak didiknya untuk gemar makan ikan. Hal ini dilakukan salah satunya dengan senam Anak Indonesia Suka Makan Ikan (Aisumaki) dan juga gerakan makan ikan bersama di Lapangan Dracik Kampus Batang, Kamis (21/11).

"Di Batang itu kan dekat sama laut, kalau tidak dikenalkan maka mereka tidak akan tahu. Dan tentunya dengan pengenalan ikan, bagaimana pentingnya makan ikan. Anak diajak untuk gemar makan ikan untuk mencegah Stunting. Karena makan ikan banyak nutrisi dan gizinya dan bisa mencegah stunting," terang Ketua PC Himpaudi Kecamatan Batang, Suhartini SPd saat diwawancarai, Kamis (21/11).

Ia berharap ke depan juga orang tua maupun lembaga juga bisa mengenalkan anak dengan ikan. Misalnya ketika ada acara di sekolah diharapkan untuk menyediakan menu ikan. Selain itu orang tua di rumah juga diharapkan bisa menyediakan ikan sebagai menu makanan anak.
"Dan harus ikan yang fresh ya. Jadi bukan ikan olahan yang bentuk nugget dan sebagainya. Karena kalau olahan macam itu kita tidak tahu bagaimana kondisi ikannya masih fresh atau tidak," harapnya.

Dijelaskan, kegiatan ini diikuti perwakilan seluruh lembaga Paud yang ada di Kecamatan Batang. Total ada sekitar 500 lebih siswa yang mengikuti kegiatan ini.

Tak hanya itu anak juga diedukasi untuk lebih dekat dengan literasi, salah satunya dengan hadirnya mobil pintar Disperpuska Batang. Di mobil pintar tersebut juga disediakan buku-buku untuk menstimulasi otak anak. Dan diharapkan dapat menambah kecintaan anak pada buku.

"Jadi buku yang ada di mobil pintar ini isinya lebih ke gambar-gambar yang menstimulasi anak. Harapannya dengan ini anak bisa lebih dekat dengan buku sehingga ketika mereka sudah terbiasa ketika dewasa nanti mereka kecenderungan punya kegemaran untuk membaca buku," tandasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: