Quarter Life Crisis, Tersesat di Seperempat Abad Masa Hidup dan Cara Mengatasinya

Quarter Life Crisis, Tersesat di Seperempat Abad Masa Hidup dan Cara Mengatasinya

Lifestyle - Quarter life crisis istilah yang sudah banyak digunakan di kalangan anak muda bermedia sosial ini memiliki arti harfiah krisis seperempat abad.

Jika dijelaskan secara singkat, quarter life crisis adalah masa seseorang mengalami ketidakstabilan antara tuntutan untuk dewasa secara mental, finansial, dan karir dengan kemampuan dari individu tersebut. Karenanya, isu ini sering kali menjadi tekanan bagi anak-anak muda, dan tak jarang dari mereka mengalami stres dan gangguan kecemasan.

Definisi Quarter Life Crisis

Secara harfiah, quarter life crisis berarti krisis seperempat abad. Krisis ini bermula pada anak muda berusia 20 hingga 30an yang merasa bingung dan takut dengan ketidakpastian dalam kelanjutan hidup mereka.

Ketakutan dan kecemasan ini biasanya berpusat pada kehidupan karir, sosial, percintaan, relasi, dan sebagainya.

Krisis ini bisa menimbulkan gejala-gejala gangguan kesehatan mental pada anak muda yang kesulitan untuk mengatasi permasalahan tersebut seperti frustasi, depresi, gangguan kecemasan, dan kehilangan arah.

Penyebab Quarter Life Crisis

Fase ini biasaya dipicu oleh kebingungan seseorang yang baru beranjak dewasa atas eksistensinya dalam kehidupan. Dan beberapa pemicu internal serta eksternal lainnya adalah:

  1. Krisis identitas atau identity crisis;
  2. Ketakutan memilih suatu karir dan pekerjaan penuh waktu;
  3. Tuntutan pendidikan;
  4. Insecurity atas kemampuan dan penampilan diri sendiri;
  5. Hubungan romantis;
  6. Gangguan finansial;
  7. Keputusan yang berdampak untuk masa depan;
  8. Tekanan berupa ekspektasi yang tinggi dari orang lain;
  9. Dan sebagainya.

Gejala-gejala Quarter Life Crisis

Berikut adalah gejala-gejala yang bisa menjadi pertanda individu tengah mengalami quarter life crisis:

Perilaku Impulsif

Impulsivitas sering terlihat pada individu yang stress dan tertekan. Perilaku ini menyebabkan seseorang mengambil keputusan tanpa memikirkan konsekuensi yang akan dihadapai kedepannya.

Sulit Mengambil Keputusan

Rasa cemas akan masa dean biasanya menyebabkan individu lebih pilih-pilih mengenai keputusannya. Seseorang biasanya akan mengeksplor banyak pilihan, dengan kelebihan dan kekurangannya. Hingga di mana dia akan terjebak pada persimpangan keputusan dan tidak bisa memilih, kemudian terjebak.

Cemas dan Depresi

Tuntutan hidup seiring bertambahnya usia akan semakin terakumulasi. Dengan hal itu, sebaguan individu akan merasa dikejar-kejar oleh tuntuntan hidup dengan tenggat waktu yang sempit. Hal ini menyebabkan seseorang merasa tertekan serta depresi dn kehilangan arah.

Insecure

Pada fase quarter life crisis, kecenderungan untuk  membandingkan diri sendiri dengan orang lain akan semakin meningkat. Rasa kecewa atas diri sendiri karena tidak bisa mendapat apa yang orang lain dapat akan berujung pada rendahnya harga diri serta timbul perasaan hidup yang tengah dijalani tidak cukup baik.

Fase Quarter Life Crisis

Robinson dalam suatu jurnal artikel kesehatan mental menyebutkan bahwa ada 5 tahapan fase quarter life crisis yang biasa di alami oleh individu, yaitu:

  1. Fase pertama. Ketidak mampuan memutuskan sesuatu sertakesulitan untuk memecahkan masalah, menyebabkan seorang individu merasa terjebak dengan kondisinya saat itu.
  2. Fase kedua. Munculnya dorongan untuk berubah.
  3. Fase ketiga. Fase di mana seorang individu mulai bisa keluar dari zona nyaman dan memulai hal baru.
  4. Fase keempat. Mulai membangun kehidupan baru dan mulai bisa mengarahkan target serta tujuan hidup.
  5. Fase kelima. Mulai menjalani kehidupan berdasarkan nilai moral serta minal yang dianut oleh individu tersebut.

Cara Menghadapi Quarter Life Crisis

Walaupun nampak menyeramkan, namun quarter life crisis merupakan kesempatan yang tepat untuk seirang indicvidu melakukan evaluasi diri dan mencari minat serta bakat baru. Fase ini adalah waktu yang tepat untuk mencari jati diri yang sebenarnya.

Kuncinya adalah membuat pola pikir positif. Selain itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu keluar dari quarter life crisis:

Sadari bahwa Quarter Life Crisis adalah hal yang normal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: