Asah Kreativitas Guru, Dindik Gelar Porseni PAUD

Asah Kreativitas Guru, Dindik Gelar Porseni PAUD

PANTAU - Kepala Dindik Kota Pekalongan, Suroso, saat memantau jalannya lomba di setiap kategori Porseni, kemarin. MALEKHA

KOTA PEKALONGAN - Dalam rangka meningkatkan kompetensi, kreativitas, serta inovasi pembelajaran guru-guru PAUD, Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Pekalongan menggelar porseni PAUD yang diikuti oleh 100 guru PAUD di Gedung Dindik Kota Pekalongan, Senin (18/3).

Kepala Dindik Kota Pekalongan, Suroso MPd menyampaikan, porseni PAUD hadir sebagai salah satu sarana bagi para guru untuk membiasakan diri mengasah kemampuan dirinya, serta melatih daya kreativitas dan inovasi dalam melakukan pembelajaran.

"Dengan terbiasanya para guru mengikuti lomba, tentunya kemampuan mereka akan lebih terasah. Karena pada umumnya yang dibutuhkan guru PAUD dan TK adalah kreativitas dan inovasi pembelajaran agar anak tidak mudah bosan dan merasa monoton," terangnya.

Meskipun secara umum kompetensi dan kreativitas guru-guru PAUD di Kota Pekalongan sudah bagus, namun kalau kompetisi berarti tidak hanya bicara bagus di tingkat lokal saja. Lebih dari itu adalah bagaiamana bisa semakin bagus di jenjang berikutnya.

"Porseni ini nanti ada 2, untuk guru PAUD dan TK. Dan hari ini (kemarin -red) khusus untuk guru TK dengan 4 kategori lomba, yaitu base practice, cerita gambar berseri, finger painting, dan inovasi pembelajaran,"jelas Roso.

Bagi para pemenang, nantinya diharapkan akan diikutkan kompetisi serupa di tingkat Provinsi Jawa Tengah dan bisa membawa nama baik Kota Pekalongan.

Ia berharap, secara umum guru-guru tidak hanya dituntut menyiapkan semua perlengkapan saat lomba saja, namun juga kreatifitas, inovasi, dan peningkatan kompetensi harus jadi prioritas dari profesi. (mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: