Pembinaan PKK Poncol Dipantau Langsung TP PKK Kota

Pembinaan PKK Poncol Dipantau Langsung TP PKK Kota

PONCOL - Sebagai satu dari dua binaan TP PKK Kota Pekalongan di tahun 2020 ini, PKK Kelurahan Poncol, Kecamatan Paklongan Timur kembali menerima pembinaan administrasi. Tidak hanya oleh PKK kecamatan, tetapi juga dipantau langsung PP Kota Pekalongan, seperti pada Rabu (8/7/2020) kemarin.

Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Khusnul Khotimah melalui Sekretaris, Winarti mengatakan, setiap tahun PKK Kota Pekalongan membina 8 Kelurahan, masing-masing kecamatan ada 2 kelurahan binaan. "Poncol termasuk kelurahan binaan untuk tahun 2020 di Kecamatan Pekalongan Timur bersama Klego," ungkapnya.

Menurut Winarti, sebelumnya pembinaan itu dilakukan PKK tingkat kecamatan, sehingga fokus PKK Kota lebih pada aspek administratif.
"Di kota hanya akan melengkapi apa-apa yang kira-kira kurang dalam hal administrasi," terangnya.

Dia menjelaskan secara teknis, mulai dari sekertaris, bendahara, Pokja 1 sampai dengan 4, memiliki tugas masing-masing yang menyebar di masing-masing kelurahan. "Jadi ada tim barat, tim timur, utara, Selatan," cetusnya.

Setelah pembinaan biasanya dilakukan tindak lanjut penyelenggaraan kegiatan, agar ada hasilnya. Bahkan selama pandemi Covid-19 pun, kata dia, PKK aktif membantu program pemerintah terutama dalam hal penyaluran JPS. "Ini kan termasuk kegiatan membantu pemerintah," imbuhnya.

Selain itu, PKK juga selama ini aktif mengadakan lomba, mulai dari tingkat kota, provinsi hingga nasional. Bahkan PKK Kota Pekalongan termasuk berprestasi baik di tingkat provinsi maupun nasional.

Tahun 2019 misalnya, wakil Kota Pekalongan masuk nominasi juara 3 Provinsi Jateng, yakni Kelurahan Medono. "Disamping lomba adminsitrasi PKK, ada juga lomba Ap2K dan ini juga masuk nominasi provinsi. Malah sebelum pandemi, kita sudah mengajukan ke tingkat nasional, karena kita juara 1 provinsi. Jadi kita ada program nyata, tidak hanya terima dana," tegasnya. (ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: