Dari Sedekah Sampah dan Minyak Jelantah, Kepala SD Muhas Sabet 2 Penghargaan Bergengsi

 Dari Sedekah Sampah dan Minyak Jelantah, Kepala SD Muhas Sabet 2 Penghargaan Bergengsi

PENGHARGAAN - Kepala SD Muhammadiyah Sukorejo (Muhas) Kendal, Butuk Kemisih meraih dua penghargaan bergensi sekaligus berkat sedekah sampah dan minyak jelantah. --

 

KENDAL -  Kepala SD Muhammadiyah Sukorejo (Muhas) Kendal, Butuk Kemisih, sukses meraih penghargaan bergensi dari Indonesia Green Principal Award (Igpa). Kedua penghargaan tersebut, yakni Outstanding Dedicated Principal on Circular School Initiatives dan Outstanding Program Planning on Rething Circular Award, sebuah program tentang sirkular ekonomi yang diselenggarakan oleh Janitra Bhumi Indonesia Education Consulting bekerja sama antara Igpa dengan Pusat Studi Perdagangan Dunia (Pspd), Pusat Inovasi Agro Teknologi (Piat) dan Universitas Gajah Mada.

 

Butuk Kemisih mengatakan, ada sebanyak 22 peserta yang mengikuti kegiatan bergengsi tersebut. “Kami bersama peserta lain dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti kegiatan bergengsi ini” katanya.

 

Dijelaskan, Outstanding Dedicated Principal on Circular School Initiatives merupakan program yang strategis untuk bisa masuk dan menjadi  bagian dari materi yang diajarkan dengan meramu dalam kurikulum maupun hidden kurikulum sekolah.

 

“Upaya yang telah kami lakukan dalam program tersebut adalah kegiatan sedekah sampah dan minyak jelantah yang telah diinisiasi dan dijalankan di SD Muhammadiyah Sukorejo sejak satu tahun terakhir," jelasnya.

 

Menurutnya, budaya siswa membawa sampah layak jual berupa kardus, buku bekas, botol plastik serta kaleng bekas dilakukan setiap hari Jumat. Sampah yang terkumpul dijual, dana digunakan untuk membantu pembangunan gedung sekolah dan beasiswa. "Sampah yang dikumpulkan menjadi nilai jariyah sampah, dan alhamdulillah, dana yang terkumpul selama  setahun kemarin 9 jutaan," terangnya.

 

Butuk mengakui dan prihatin terhadap budaya masyarakat tentang buang sampah sembarangan, masyarakat masih menerapkan siklus ekonomi linier. Siklus ekonomi linier selama ini adalah ambil-pakai-buang, "take-make-dispose" yang telah membuat planet bumi terbebani luar biasa hanya untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tak pernah habis. 

 

Menurutnya, masyarakat terutama generasi muda dan para siswa harus dikenalkan lima prinsip memikir ulang barang yang akan dipakai, yakni sejauh mana nilai kebutuhan barang menjadi sampah, kemudian melakukan perbaikan, mengurangi pemakaian material mentah dari alam, mengoptimasi pengggunaan material yang dapat digunakan kembali, dan penggunaan material hasil dari proses daur ulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: