DPRD Pekalongan Kawal Pembangunan Tanggul Bremi-Meduri

DPRD Pekalongan Kawal Pembangunan Tanggul Bremi-Meduri

TANGGUL - Untuk mengantisipasi banjir rob di wilayah Pesisir Kota Santri, bakal dibangun tanggul sungai Bremi -Meduri. -Triyono-

KAJEN - DPRD Kabupaten Pekalongan akan terus mengawal proses pembangunan tanggul  Sungai Bremi - Meduri. Tanggul tersebut untuk mempercepat penanganan banjir rob di wilayah Pesisir Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. 

 

Sekadar untuk diketahui, banjir rob paling parah melanda empat Desa di Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan, diantaranya Jeruksari, Karangjompo, Mulyorejo dan Tegaldowo. Pembangunan tanggul Sungai Bremi - Meduri terletak di Desa Jeruksari tersebut mampu mencegah air tinggi hingga masuk pemukiman warga. 

 

Sebab pompa air dari Kota Pekalongan mengalir ke Sungai Bremi- Meduri sehingga air naik ke pemukiman warga empat Desa. 

 

Wakil Pimpinan DPRD Kabupaten Pekalongan, H Sumar Rosul, mengatakan bahwa dari hasil cek lokasi memang luapan air dari Sungai Bremi - Meduri menjadi faktor penyebab ketinggian air masuk ke pemukiman. 

 

"Untuk itu kami dari DPRD Kabupaten Pekalongan terus mengawal agar Proyek Pembangunan Tanggul Bremi- Meduri secepatnya terealisasi. Kami bersama Pemkab Pekalongan juga secara intens melakukan koordinasi baik dengan Provinsi Jateng ataupun Pemerintah Pusat," terangnya. 

 

Diakui, warga pesisir langganan rob paling parah adalah wilayah Kecamatan Tirto. Karena ketika turun hujan dan air rob naik hampir empat desa terendam, bahkan kemarin sudah menyeberang jalur selatan Pantura. 

 

"Mudah mudahan secara bertahap semua dapat terselesaikan sehingga bisa bebas dari banjir rob," jelas Wakil Rakyat dati Dapil III meliputi, Tirto, Wonokerto, Wiradesa dan Siwalan itu. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: