Berdayakan Mustahik, Dompet Dhuafa Kolaborasi Bikin Kandang BRILiaN FARM

 Berdayakan Mustahik, Dompet Dhuafa Kolaborasi Bikin Kandang BRILiaN FARM

MEMBANGUN - Yayasan Dompet Dhuafa Jawa Tengah berkolaborasi dengan YBM BRILiaN membangun Kandang BRILiaN FARM di Desa Pagerwojo. -Nur Kholid-

KENDAL - Sebuah kolaborasi untuk memberdayakan mustahik kembali dilakukan Yayasan Dompet Dhuafa Jawa Tengah dengan YBM BRILiaN. Kolaborasi tersebut dalam bentuk pembangunan Kandang BRILiaN FARM di Desa Pagerwojo, Kecamatan Limbangan, Kendal. 

 

Peresmian kandang BRILiaN FARM dibuka dengan kesenian Jatilan Sendra Tari Rama Sinta oleh Grup Kesenian Limbangan, Sabtu (11/3/2023). Acara juga dihadiri Camat Limbangan, Alfebian Yulando dan Kepala Desa Pagerwojo, Yunianto. Dari Yayasan Cinta Dhuafa hadir Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Tengah, Zaini Tafrikhan bersama tim, Udhi Tri Kurniawan (GM Ekonomi dan Pengenbangan Cabang), Dian Jati Utomo (Pengurus YBM BRILiaN Kanwil Semarang), Fleming (Pengurus Bidang Mustahik Empowerment Program YBM BRILiaN) dan juga perwakilan dari Dinas Pertanian dan Pangan Kendal, Yorkodim.

 

Zaini Tafrikhan, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Tengah mengatakan bahwa Dompet Dhuafa sangat terbuka dan senang bisa berkolaborasi dengan YBM BRILiaN. Pasalnya, program YBM BRILiaN bukan hanya satu atau dua orang yang mendapatkan manfaat, namun bisa sampai ratusan bahkan ribuan orang, mulai dari pekerja kandang hingga penerima manfaat daging kurban nantinya. “Program Kandang YBM BRILiaN ini diharapkan bisa mengubah taraf hidup masyarakat,” harapnya.

 

GM Ekonomi dan Pengenbangan Cabang, Udhi Tri Kurniawan mengatakan, Kandang YBM BRILiaN dibangun di atas tanah seluas 4.200 meter persegi. Tanah kandang YBM BRILiaN ini merupakan tanah yang disewa selama 10 tahun dari Desa Pagerwojo.

 

“Alhamdulillah sehari peresmian, namun bermanfaat sampai sepuluh tahun ke depan. Manfaat untuk Desa Pagerwojo dan juga manfaat untuk Jawa Tengah,” ujarnya.

 

Pengurus Bidang Program Pemberdayaan Mustahik YBM BRILiaN Pusat, Fleming mengatakan, program Kandang YBM BRILiaN merupakan program kolaborasi dengan Dompet Dhuafa di berbagai provinsi di Jawa Timur, Jogja dan lainnya. Harapan ke depan, bukan hanya program peternakan, namun juga program-program lainnya. “Harapan ke depan, kita bisa kolaborasikan dengan berbagai program, bukan hanya program terkunci,” harapnya.

 

Setelah acara pembukaan selesai, seluruh peserta dibimbing oleh Manajer Peternakan, Arif Fajar Hidayat berkeliling mulai dari kandang, rumah pakan, dan rumah pemotongan hewan. (lid)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: