Kunjungi UIN Gus Dur, Kedubes AS Tawarkan Program Pertukaran Pelajar

Kunjungi UIN Gus Dur, Kedubes AS Tawarkan Program Pertukaran Pelajar

KUNJUNGAN - Atase Kebudayaan Kedubes AS, Emily Yasmin Norris, berkunjung ke UIN Gus Dur dan mempromosikan berbagai program pertukaran pelajar, mahasiswa, dan studi di AS, Rabu (12/4/2023) sore.-Wahyu Hidayat-

Pertama, Indonesia dan Amerika Serikat memiliki kesamaan dalam menjunjung tinggi demokrasi, HAM, dan kebebasan beragama. Kedua, Amerika Serikat dan Indonesia memiliki rekam jejak kemitraan yang telah terjalin selama lebih dari 17 tahun dalam bidang kesehatan, keamanan, ekonomi, demokrasi, dan HAM.

 

Ketiga, Kedutaan Besar Amerika Serikat memiliki program-program yang bisa dimanfaatkan oleh sivitas akademika UIN Gus Dur, seperti KL-YES (Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study), YSEALI (Youth Southeast Asian Leaders Initiative), SUSI (Study of The US Institutes), American Corner, @Amerika, Tech Girl, Full Bright, dan program lain yang dapat diakses di https://id.usembassy.gov/id/education-culture-id/).

 

Ia berharap program-program pertukaran pelajar, mahasiswa, maupun berbagai beasiswa dan kesempatan magang di AS itu bisa dimanfaatkan.

 

Pada kesempatan ini, Emily Norris juga menceritakan kehidupan muslim di Amerika. “Amerika adalah negara yang terbuka, aman, dan nyaman bagi kehidupan beragama. Hampir di setiap negara bagian berdiri pusat-pusat Islam (Islamic Center) dan komunitas muslim yang dapat hidup berdampingan dengan warga negara dari berbagai latar belakang agama, etnis dan kebangsaan," ungkapnya.

 

Ia juga mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh UIN Gus Dur untuk berkunjung. "Saya sangat senang dapat bertemu dengan akademisi dan mahasiswa UIN Gus Dur dan berdiskusi tentang kebudayaan Amerika Serikat. Saya berharap kunjungan ini dapat membawa manfaat yang baik bagi kedua belah pihak," imbuhnya.

 

Acara dilanjutkan dengan dialog dan sesi tanya jawab antara kedua belah pihak, serta penyerahan cendera mata sebagai tanda persahabatan. Kegiatan diakhiri dengan buka bersama sebagai bentuk kebersamaan dan keakraban antara tamu dan tuan rumah. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: