Alun-Alun Kota Pekalongan Kembali Steril dari Pedagang

Alun-Alun Kota Pekalongan Kembali Steril dari Pedagang

KETERANGAN - Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid didampingi Wakil Wali Kota, Salahudin, saat memberikan keterangan terkait pedagang Pasar Sugihwaras.-Ainul Atho-

KOTA - Para pedagang yang sebelumnya menempati Alun-alun Kota Pekalongan, kini sudah kembali ke Sentra Kuliner dan Fashion Sugihwaras Pekalongan. Kondisi Alun-alun kini juga sudah steril. Sebelumnya, Wali Kota Pekalongan memberikan kesempatan kepada para pedagang Pasar Sugihwaras untuk menempati Alun-alun sejak pertengahan Ramadan hingga H+7 Lebaran sesuai dengan kesepakatan dengan pedagang.

 

Wali Kota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid membenarkan bahwa pengembalian fungsi utama Alun-Alun Kota Pekalongan sebagai wajah kota yang bersih dari pedagang sudah dilakukan sesuai kesepakatan MoU yang dibuat bersama.

 

"Semuanya sudah setuju dan MoU bahwa mereka diizinkan berjualan di Alun-Alun hanya selama Ramadhan sampai Syawalan saja. Setelah Syawalan berakhir, mereka diminta untuk kembali berjualan di Sentra Kuliner dan Fashion Sugihwaras. Alhamdulillah, setelah Saya cek semuanya sudah bersih dan mudah-mudahan semua bisa memahami dan memaklumi, karena setelah ini penataan Alun-Alun Kota Pekalongan akan kembali dilanjutkan ke tahapan lelang," terang Aaf, sapaan akrabnya usai menghadiri kegiatan Rapat Paripurna dengan Acara Pengambilan Keputusan DPRD Kota Pekalongan kemarin.

 

Disampaikan Aaf, setelah Lebaran Idul Fitri Alun-Alun Kota Pekalongan sisi Utara segera dilakukan lelang dan akan menyusul untuk tahapan pengerjaan di Alun-Alun sisi tengah. Sehingga, ke depan baik di area Alun-Alun, tengah, dan pinggir Alun-Alun Kota Pekalongan sesuai Peraturan Daerah (Perda) sudah steril dan tidak bisa lagi diperuntukkan untuk pedagang menggelar lapak.

 

"Alhamdulillah, semua sudah bersih, sesuai komitmen awal bahwa Alun-Alun Kota Pekalongan ini bisa bersih dari para pedagang. Secara perlahan, kami juga tertibkan sesuai dengan Perda Kota Pekalongan terkait area mana saja yang boleh dan tidak boleh untuk berjualan," tegasnya.

 

Wali Kota melanjutkan, untuk memperlancar tahapan lanjutan pekerjaan fisik Alun-Alun ini, di area tersebut sudah terpasang seng-seng dan sarana dan prasarana pekerjaan lainnya. "Petugas jaga di kawasan Alun-Alun dari Satpol-P3KP sudah siap untuk memantau dan berjaga secara shifting," tandasnya.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: