Lapas Pekalongan Berjanji Berantas HP, Pungli, dan Narkoba dalam Lapas

Lapas Pekalongan Berjanji Berantas HP, Pungli, dan Narkoba dalam Lapas

DEKLARASI - Lapas Kelas IIA Pekalongan menggelar Deklarasi Zero Halinar di lapangan blok Bimaswat Lapas setempat, Rabu pagi (10/5/2023).-Wahyu Hidayat-

KOTA – Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Kelas 2 A Pekalongan melaksanakan Deklarasi Zero Halinar atau zero Hape, Pungutan Liar, dan Narkoba di lapangan blok Bimaswat Lapas setempat, Rabu pagi (10/5/2023).

 

Acara diawali dengan apel dan pembacaan ikrar, yang dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi Zero Halinar oleh para pegawai maupun para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Pekalongan.

 

Kalapas Pekalongan Asih Widodo menyatakan bahwa deklarasi ini seluruh pegawai dan WBP Lapas Pekalongan berjanji akan memberantas penyalahgunaan dan peredaran handphone, narkoba, dan praktik pungutan liar di Lapas Pekalongan.

 

Langkah yang dilakukan, menurut Kalapas Asih Widodo adalah dengan melaksanakan SOP yang sudah ada. "SOP yang sejak dulu telah ada akan diperketat lagi," tegas Kalapas.

 

Misalnya dengan pengetatan pemerikaan ketika petugas masuk melintasi pintu 3, penitipan barang dari keluarga warga binaan, dan mengintensifkan sosialisasi serta razia atau penggeledahan.

 

Kalapas menyatakan pihaknya terus mengingatkan kepada seluruh petugas bahwa Halinar ini membahayakan tatanan kehidupan di Lapas Pekalongan.

 

Apabila ada temuan Halinar, maka petugas maupun warga binaan akan diberi sanksi tegas dan berat sesuai dengan ketentuan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: