Viral! KLB Angkut Rombongan SMAN 3 Bandung untuk Study Tour, Ternyata Begini Cara Sewa Kereta Api

Viral! KLB Angkut Rombongan SMAN 3 Bandung untuk Study Tour, Ternyata Begini Cara Sewa Kereta Api

Viral KLB SMAN 3 Bandung yang mengangkut siswa hendak study tour.-screenshot -Tiktok

Viral dimedia sosial adanya Kereta Api Luar Biasa atau KLB yang khusus membawa rombongan SMA 3 Bandung yang tengah melakulan perjalanan study tour menuju Bali.

Kereta api eksekutif itu melakukan perjalanan dari Bandung menuju Surabaya pada 12 Mei 2023 mulai pukul 06.20 dan sampai ditujuan pukul 17.06.

Tak tanggung-tanggung, KLB SMAN 3 Bandung itu menarik 7 rangkaian kereta eksekutif, dengan kapasitas 350 penumpang.

Tak mengherankan jika sepanjang perjalanan, banyak pecinta kereta api atau Railfans yang mengambil video perjalan kereta yang mungkin jarang ditemui, yaitu KLB mengangkut rombongan pelajar.

Terkait KLB tersebut, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan bahwa memang tersedia Kereta Api Luar Biasa (KLB) yang dapat disewa oleh masyarakat.

Masyarakat dapat menentukan jenis Kereta Api, jadwal, serta stasiun keberangkatan dan kedatangan. 

Caranyapun cukup mudah, yaitu menghubungi melalui Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], media sosial KAI121, atau customer service di stasiun.

"Selanjutnya calon pelanggan mengajukan surat permohonan angkutan rombongan yang berisi jumlah penumpang, relasi, dan jadwal perjalanan. Setelah itu, KAI akan mengecek ketersediaan rangkaian dan membuat penawaran tarif," ungkap VP Public Relations KAI Joni Martinus, seperti dilansir disway.id.

Bila diantara kedua belah pihak telah terjadi kesepakatan, lalu dibuatkan berita acara kesepakatan yang didalamnya memuat besaran DP (uang muka) yang harus dibayar. 

Jika DP sudah dibayarkan, maka KAI akan menyiapkan sarana kereta apinya.

"Calon pelanggan KLB diharapkan melakukan pendaftaran minimal H-7 sebelum keberangkatan karena KAI perlu menyiapkan segala aspek agar pelayanan KLB optimal," kata Joni Martinus.

PT KAI sendiri berharap agar hadirnya layanan KLB ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menikmati perjalanan kereta api yang lebih eksklusif dan tetap aman, nyaman, dan sehat. 

"KAI berkomitmen utk selalu memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, termasuk dengan adanya KLB yang bisa disewa oleh masyarakat ini,"  tandas Joni. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: