Keluarga Bung Hatta Sumbangkan Koleksi Batik Pribadi Ke Museum Batik Pekalongan

Keluarga Bung Hatta Sumbangkan Koleksi Batik Pribadi Ke Museum Batik Pekalongan

penyerahan hibah koleksi batik keluarga bung Hatta lewat dua sang putri yakni Meutia Farida Hatta dan Halida N Hatta kepada Museum Batik Pekalongan, Senin (5/6/2023).-Dwi Fusti Hana Pertiwi-

PEKALONGAN- Keluarga Bung Hatta lewat dua putrinya yakni Meutia Farida Hatta dan Halida N Hatta sumbangkan koleksi batik pribadi kepada Museum batik Pekalongan.

Penyerahan hibah koleksi batik pribadi dari keluarga Bung Hatta sendiri berupa 1 buah kain panjang dan 1 buah selendang yang merupakan milik istri Bung Hatta yakni Rachmi Hatta tersebut diserahterimakan langsung kepada Kepala UPTD Museum Batik, Akhmad Asror, berlangsung di Museum Batik setempat, Senin (5/6/2023)

Asror mengaku bersyukur dan mengucapkan terimakasih atas sumbangsih dari keluarga besar Wakil Presiden Indonesia Pertama Muhammad Hatta atau akrab disebut Bung Hatta yang telah memberikan perhatiannya terhadap pelestarian budaya batik Indonesia dengan menyumbangkan kain dan selendang batik yang selama ini mereka telah lestarikan sebagai warisan bangsa.

"Kalau dilestarikan secara pribadi belum tentu masyarakat luas akan mengetahui. Oleh karena itu, keluarga Bung Hatta menyumbangkan koleksi kain dan selendang batiknya ke Museum Batik Pekalongan," kata Asror.

Pihaknya pun berharap, dengan bertambahnya koleksi batik di museum batik Pekalongan ini mampu sebagai sarana edukasi kepada masyarakat dan kain batik tersebut bisa tetap terawat kembali.

"Sehingga, warisan budaya tersebut bisa lebih bertahan lebih lama lagi dibandingkan hanya sebagai koleksi pribadi," lanjut Asror.

Asror juga mengapresiasi bahwa, Museum Batik Pekalongan masih dianggap sebagai agen pelestari warisan budaya tak hanya  mendapat perhatian dari tokoh lokal saja melainkan juga ada koleksi tambahan kain yang diberikan dari tokoh nasional yakni istri proklamator bangsa Indonesia, Bung Hatta tersebut.

Lanjut, usai pemberian hibah ini rencana koleksi kain dan selendang batik dari keluarga Bung Hatta tersebut akan langsung diregistrasikan ke inventaris dan bisa menambah koleksi kain batik di Museum Batik Pekalongan yang tercatat termasuk kain dari keluarga Bung Hatta ini mencapai 1311.

Sementara itu, putri Bung Hatta, Meutia Farida Hatta menuturkan bahwa, koleksi kain yang diberikan ini merupakan koleksi pribadi keluarga yang sering digunakan oleh sang ibu, Rachmi Hatta.

Baik pada acara penting seperti momentum pernikahanan maupun acara kenegaraan saat mendampingi sang suami Bung Hatta selama masih menjadi Wakil Presiden Indonesia pertama.

"Motif kain ini pernah digunakan ibu Saya untuk menghadiri resepsi maupun Upacara 17 Agustus di Istana Presiden kala itu," ujar Meutia yang kala itu pernah menjabat sebagai Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dalam Kabinet Indonesia Bersatu.

Dikatakan Meutia bahwa, pemberian kain batik ke Museum Batik Pekalongan ini dilatarbelakangi karena pilihan sang ibu, Rachmi Hatta untuk bisa tetap menyimpan karya sang maestro batik, Iwan Tirta sebagai upaya pelestarian (konservasi) budaya agar bisa lebih awet dan terawat.

"Kami tidak bisa memelihara kain tersebut dirumah, karena hanya museum yang memiliki persyaratan alat-alat untuk melestarikan (konservasi). Jadi kami serahkan disini," lanjut Meutia.

Meutia juga menyebut bahwa saat ini kain batik warisan keluarga nya tersebut telah berusia hampir 33 tahun lamanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: