Hai Kades di Batang yang Nyaleg, Jangan Curi Start Kampanye ya!

Hai Kades di Batang yang Nyaleg, Jangan Curi Start Kampanye ya!

Bawaslu Batang saat melaksanakan pengawasan vermin persyaratan bacaleg di KPU Batang. --IST

*Soal Kades Nyaleg, Bawaslu : Jangan Curi Start Kampanye

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Bawaslu Batang menyebut ada 4 kades di Batang yang ikut dalam mendaftarkan diri sebagai bacaleg DPRD Batang. Keempat kades nyaleg ini pun diharapkan tak mencuri start kampanye dengan jabatan mereka sekarang. 

"Dari pengawasan, hari ini kami baru menemukan empat kades yang mendaftar jadi bacaleg," kata ketua Bawaslu Batang, Mahbrur di kantornya, Kamis (8/6/2023). 

Dikatakannya, salah satu syarat yang harus dipenuhi kades saat nyaleg adalah dengan melampirkan surat pernyataan pengunduran diri, dengan disertai tanda terima instansi yang bersangkutan. Syarat ini harus diserahkan sebelum penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT), paling lambat 3 Oktober 2023. 

"Jika tidak menyerahkan itu maka namanya akan dicoret dari DCT. Untuk penetapan DCT sekitar November 2023," jelasnya.

Nantinya jika keempat kades tersebut lolos, maka mereka akan memperebutkan kursi Dapil 2, 3 dan 4. Di masa tunggu ini pun, Bawaslu mewanti-wanti Kades agar tidak mencuri start kampanye. 

Dikatakan Mahbrur jika selama belum ada surat pemberhentian tetap, maka para kades masih menjabat. Dimana mereka masih memiliki hak dan kewajiban sebagai kepala desa. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: