Bantu Penyandang Thalassemia, Pemkab Dukung Hadirnya POPTI Kabupaten Batang

Bantu Penyandang Thalassemia, Pemkab  Dukung Hadirnya POPTI Kabupaten Batang

AUDIENSI - POPTI Batang saat menggelar audiensi dengan Pj Bupati Batang. -Radar Pekalongan/Novia Rochmawati -

 

BATANG - PJ Bupati Batang menerima kunjungan audiensi dari Pengurus Perhimpunan Orang Tua Penyandang Thalassemia Indonesia (POPTI) Cabang Batang, Selasa (13/6/2023). 

 

Dalam kesempatan ini Lani turut mendukung terbentuknya kepengurusan POPTI di Kabupaten Batang. Mengingat organisasi ini merangkul penyandang thalassemia yang ada di Batang. 

 

"Kami mendukung kehadiran POPTI di Kabupaten Batang. Karena dengan hadirnya ini bisa memberikan dukungan kepada penyandang thalassemia. Sekaligus menjadi sarana edukasi tentang penyakit thalassemia ke masyarakat," ujarnya saat audiensi di Kantor Bupati Batang. 

 

Ahli Medis sekaligus dokter pesialis Anak RSUD Batang, dr Tan Evi Susanti Thalassemia menjelaskan Thalasemia sendiri merupakan kelainan darah bawaan yang ditandai oleh kurangnya protein pembawa oksigen (hemoglobin) dan jumlah sel darah merah dalam tubuh yang kurang dari normal.

 

"Kelahiran pasien Thalassemia mayor dapat dihindari dengan mencegah perkawinan antara dua orang pembawa sifat Thalassemia, untuk itu, skrining thalasemia perlu dilakukan sebelum melakukan pernikahan.

 

Dokter Tan Evi menyampaikan dengan terbentuknya POPTI ini diharapkan bisa menjadi wadah untuk membantu orang tua penyandang thalasemia untuk mendapatkan pelayanan kesehatan mengingat perawatan thalasemia dibutuhkan secara terus menerus.

 

Ketua Pengurus POPTI Cabang Batang Jawa Tengah, Nety Widjayanti menyebut kehadiran POPTI ini untuk memberikan dukungan serta membantu advokasi pengobatan penyandang Thalasemia di Kabupaten Batang. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: