Lewat Pengabdian Masyarakat, Prodi Farmasi UMPP Kenalkan Obat Konvensional yang Aman Bagi Lansia

Lewat Pengabdian Masyarakat, Prodi Farmasi UMPP Kenalkan Obat Konvensional yang Aman Bagi Lansia

ANTUSIAS- Antusias para lansia ikuti kegiatan pengabdian masyarakat Farmasi UMPP di Rumah Lansia Aisiyah Kabupaten Pekalongan, Sabtu (17/6/2023).-FOTO-Dwi Fusti Hana Pertiwi

PEKALONGAN- Kegiatan pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa dari Prodi Farmasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP). Dalam hal ini bekerjasama dengan Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Pekalongan menggelar kegiatan pengenalan obat konvensional yang aman bagi lansia.

Bertajuk 'Obat Yang Aman Untuk Penyakit Degenerative Pada Lansia', sebanyak 60 lansia yang tergabung pada komunitas Rumah Lansia Aisyiah Kabupaten Pekalongan yang mana merupakan bagian dari PDA Kabupaten Pekalongan nampak antusias mengikuti jalanya kegiatan tersebut.

"Rumah lansia Aisiyah sendiri setiap hari Sabtu  selalu mengadakan kegiatan. Sehingga kali ini kami menyasar pada para lansia disini. Supaya para lansia tersebut bisa sehat, serta mengerti tentang obat-obatan yang aman bagi mereka," ungkap salah satu pemateri, apt. Ainun Muthoharoh, M.Farm, yang merupakan dosen Farmasi UMPP, Sabtu (17/6/2023).

Dijelaskan, dalam kegiatan kali ini akan dilakukan dalam tiga kali pertemuan, dimana turut dihadirkan pula tim dosen dan mahasiswa.

Meliputi apt. Ainun Muthoharoh, M.Farm, apt. Dwi Bagus Pambudi, S.Farm., MH(kes) dan juga apt. Slamet, S.Si., M.Farm sebagai para pemateri pada kegiatan tersebut.

"Bulan ini materi yang disampaikan tentang obat-obatan kimia atau konvensional yang aman untuk lansia dan ini topiknya adalah Penyakit Degenerative," kata Ainun.

Lebih lanjut, pengenala  penyakit Degenerative pada lansia sendiri meliputi Gout arthritis (asam urat), hipertensi (tekanan darah tinggi), Diabetes mellitus (kencing manis), Osteoartritis (radang sendi), maupun Hiperkolesterol (kolesterol tinggi).

"Lewat kegiatan ini kami mengenalkan apa saja obat yang aman untuk dikonsumsi para lansia. Karena jenis obat sendiri banyak macamnya, ada yang obat bebas hingga obat yang harus gunakan resep. Dan disini kita kasih edukasi kepada para lansia tersebut," lebih lanjut.

Usai pemaparan materi dilakukan, kegiatan dilanjutkan dengan praktek yakni melihat langsung contoh obat -obatan tersebut. Dan disini nampak para lansia aktif bertanya.

Melalui kegiatan ini pihak Farmasi UMPP berharap para lansia bisa sehat, mandiri dan tentunya tidak ketergantungan dengan obat-obatan. Disamping itu, lewat kegiatan ini nantinya akan ada terjalin kerjasama yang baik antara UMPP dan PDA.

"Rencana bulan depan akan ada kembali kegiatan serupa bukan lagi pengenalan obat konvensi melainkan obat -obatan herbal," tandas Ainun.

Ditempat sama, Sekretaris Pengurus Rumah Lansia Aisiyah Kabupaten Pekalongan Risumarni, menilai kegiatan tersebut positif dan membantu para lansia, utamanya dalam hal kesehatan.

"Kagiatan yang diadakan Farmasi UMPP ini sangat membantu sekali, karena program-program yang dilaksanakan terkait dengan kesehatan lansia," kata Risumarni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: