Bantuan Hibah di Kaliwungu dan Brangsong Sentuh 1.546 Guru Keagamaan

Bantuan Hibah di Kaliwungu dan Brangsong Sentuh 1.546 Guru Keagamaan

SAMBUTAN - Bupati Dico M Ganinduto memberikan sambutan saat acara penyerahan bantuan hibah untuk para guru keagamaan non formal di Kecamatan Kaliwungu dan Brangsong, Senin (19/6/2023).-red/sef-

KENDAL - Penyerahan bantuan hibah untuk guru keagamaan di Kabupaten Kendal terus dilakukan secara maraton. Senin (19/6/2023) kemarin, giliran Bupati Dico M Ganinduto menyerahkannya untuk guru keagamaan di Kecamatan Kaliwungu dan Brangsong yang akan menyentuh total 1.546 guru.

Penyerahan bantuan hibah ini dipusatkan di Gedung MWC NU Kecamatan Kaliwungu, Kendal, khusus menyasar para guru keagamaan di bawah naungan Rabithah Ma’ahad Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) di Kecamatan Kaliwungu dan Brangsong. 

Selain Bupati Kendal, acara juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kendal Ferinando Rad Bonay, Ketua RMI NU Kecamatan Kaliwungu Kiai Mujtahidin, dan Ketua RMI NU Brangsong Ahmad Mayid, Ketua MWCNU Kaliwungu Kiai Ahmad Abas, serta diikuti oleh ratusan guru keagamaan dari Kecamatan Kaliwungu dan Brangsong.

Bantuan hibah diserahkan secara simbolis oleh Bupati Dico M Ganinduto kepada Ketua RMI NU Kecamatan Kaliwungu, Kiai Mujtahidin dan Ketua RMI NU Brangsong, Ahmad Mayid.

Dalam sambutannya, Ketua MWCNU Kaliwungu, H Ahmad Abas mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal, terutama kepada Bupati Kendal, Dico M Ganinduto yang telah memberikan bantuan hibah kepada para guru agama dibawa naungan MWC NU Kaliwungu.

"Ini merupakan bukti konkret, keseriusan yang dilakukan oleh Bupati Kendal dalam meningkatkan SDM bagi guru agama, khususnya di bawa Lembaga Nahdlatul Ulama, sehingga kualitas para guru bisa lebih meningkatkan lagi," ujar H. Abas.

Ketua panitia acara, Mujtahidin dalam laporannya menjelaskan, bahwa di Kecamatan Kaliwungu dan Brangsong terdapat 1.546 guru yang menerima bantuan hibah, terdiri dari guru TPQ, MDT, dan Pondok Pesantren.

"Ada 876 guru keagamaan di Kecamatan Kaliwungu dan 670 guru keagamaan di Kecamatan Brangsong yang telah mendapatkan Bantuan Hibah dari Pemerintah Kabupaten Kendal," terang Mujtahidin.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal atas bantuan yang diberikan, sehingga bisa menambah semangat para guru untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan bagi peserta didiknya.

"Selain itu, kami akan terus berupaya untuk meningkatkan SDM para guru sebagai imbal balik apa yang sudah diberikan oleh Pemkab Kendal. Kami juga berharap akan ada peningkatan bantuan hibah setiap tahunya," tambah Mujtahidin.

Sementara Bupati Kendal, H. Dico M. Ganinduto, B.Sc dalam acara itu mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh guru keagamaan yang selama ini sudah bekerja keras dan bekerja ikhlas dalam mendidik anak-anak di Kabupaten Kendal, khususnya yang ada Kecamatan Kaliwungu dan Brangsong, sehingga semua bisa memiliki akhlak yang baik.

Bupati Kendal juga mengatakan, bahwa keberhasilan pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) tidak lepas dari ikhtiar para guru yang selama ini mendidik di bidang keagamaan, sehingga dari Pemerintah Kabupaten Kendal akan terus mendukung kemajuan SDM para guru keagamaan di Kabupaten Kendal.

"Seluruh bentuk pendidikan yang ada di Kabupaten Kendal, baik formal mau pun non formal, tidak lain hanya ingin memajukan generasi muda ke depan bisa jauh lebih baik lagi, mengingat pendidikan merupakan ujung tombak dari pengembangan kualitas SDM," tutur Bupati Dico.

Lebih lanjut, Bupati Kendal mengingatkan akan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dengan guru keagamaan dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan agama yang ada di Kabupaten Kendal, sehingga ia selalu hadir untuk terus berkolaborasi dalam memajukan kualitas pendidikan yang ada di Kabupaten Kendal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: