Wawalkot Minta Masyarakat Pahami Potensi Hasil Kelurahan untuk Turunkan Stunting

Wawalkot Minta Masyarakat Pahami Potensi Hasil Kelurahan untuk Turunkan Stunting

PENGARAHAN - Wakil Wali Kota Pekalongan, H Salahudin STP memberikan pengarahan dalam acara di Aula Kelurahan Setono, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, kemarin.-Abdurrahman-

KOTA - Setiap kelurahan memiliki potensi yang berbeda-beda. Misalnya daerah pesisir kaya akan hasil perikanan dari laut, sedangkan yang bukan pesisir bisa budidaya ikan air tawar atau budi daya hasil peternakan misalnya daging ayam dan telur. 

"Potensi hasil kelurahan ini harus digali dalam upaya pengentasan stunting," ucap Wakil Wali Kota Pekalongan, H Salahudin STP dalam acara di Aula Kelurahan Setono, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, kemarin.

Salahudin menyebut, potensi Setono yang memiliki banyak lahan pertanian dapat dikembangkan untuk budidaya ikan dan padi atau mina padi, karena tanahnya subur dan belum terkena rob. 

"Saya sarankan untuk menanam pisang kavendis dan pohon kelor, ini yang murah meriah dan mudah dikembangkan," ucapnya.

Menurut Salahudin, kepedulian para pelaku usaha di Pekalongan Timur cukup baik melalui Gerakan Bapak dan Bunda Asuh Anak Stunting, program ini memang sudah selesai tetapi di wilayah Timur masih banyak yang peduli melihat tetangga yang anak-anaknya stunting. "Gerakan mereka berlanjut dengan kegiatan Donasi Telur. Telur yang sudah dimasak mereka bagikan untuk anak-anak," bebernya.

Selama ini Gerakan Bapak dan Bunda Asuh Anak Stunting bekerjasama dengan TP PKK telah diberi penghargaan oleh provinsi sebagai Peringkat Pertama Perintis Program Kota Pekalongan. Selain itu, Program Dapur Sehat Dahsyat juga mendapat apresiasi.

Penurunan stunting di Kota Pekalongan sekarang sudah relatif bagus dari daftar penimbangan. Ini hasil realistis menurut hasil penimbangan yakni sudah di bawah 10 persen. Namun untuk persentase di Kota dikatakan tinggi, karena dilihat dari persentase kemiskinan yang relatif tinggi. (dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: