Aisy Zivana Zaneta, Siswi SMAN 1 Pekalongan Peraih Beasiswa KL YES Amerika

Aisy Zivana Zaneta, Siswi SMAN 1 Pekalongan Peraih Beasiswa KL YES Amerika

BERPRESTASI - Inilah sosok Aisy Zivana Zanet, siswi SMAN 1 Kota Pekalongan peraih beasiswa KL YES Amerika. Ia dikenal sebagai siswa yang aktif dan berprestasi.--

KOTA PEKALONGAN - SISWI kelas 11 SMAN 1 Kota Batik ini mungkin tak pernah menyangka, bahwa usahanya mengikuti seleksi KL YES yang esktra ketat itu akan membuahkan hasil manis. Namun bagi yang mengenal sosoknya, prestasi itu tentu dianggap layak untuk direngkuh Aisy, demikian sapaan karibnya.

Bukan tanpa alasan, mengingat ia selama ini juga dikenal sebagai pelajar yang aktif berkegiatan dan berkompetisi dalam beberapa bidang. Salah satu hobinya menulis dan membaca juga pernah mengantarkan Aisy merebut predikat juara favorit lomba menulis esai dan puisi tingkat Jawa Tengah di masa pandemi lalu.

Rasa bangga pun turut dirasakan keluarga besar SMAN 1 Kota Pekalongan. Kepala SMAN 1 Kota Pekalongan, Yulianto Nurul Furqon, Jumat (30/6/2023), menyampaikan rasa syukur dan bangganya bahwa salah satu peserta didiknya sukses menembus ketatnya program bergengsi KL YES.

“Siswi kami,  Aisy Zivana Zaneta berhasil menjadi finalis KL YES. Insya Allah awal Agustus 2023, Aisy Zivana akan ke Amerika Serikat,” ungkap Yulianto.

Dia menjelaskan, sebelumnya Aisy Zivana Zaneta telah mengikuti rangkaian seleksi ketat secara adminisrasi, kemampuan mata pelajaran, wawancara, kesehatan dan lainnya yang disyaratkan dalam program KL YES 2023-2024. Akhirnya, dari Jawa Tengah, hanya empat pelajar yang dinyatakan lolos, salah satunya Aisy. 

Dengan capaian presitisius ini, Yulianto berharap siswinya itu bisa mengikuti program pertukaran pelajar ini sebaik-baiknya.  Sehingga nantinya bisa  menginspirasi para siswa SMANSA maupun para pelajar lainnya. ” Jadilah inspirasi dan teladan bagi sesama di mana pun berada,” pesan Yulianto.

Sementara Wali kelas 11 IPA 4 SMANSA, Muhammad Umar Izzuddin, menilai apa yang diraih anak didiknya sebagai hal layak. Sebab selama ini Aisy juga dikenal sebagai siswi yang aktif dan berprestasi di sekolahnya, bahkan itu sudah berlangsung sejak siswi ini duduk di bangku SMP.

“Ini capaian yang luar biasa. Selama ini, Aisy Zivana berhasil memperoleh nilai yang bagus dalam pelajaran dan berperan aktif dalam kegiatan siswa di sekolah. Aisy berjiwa kepemimpinan yang bagus, terbukti menjadi Ketua Majelis Perwakilan Kelas (MPK), Aisy juga aktif di ektrakulikuler seperti Basket dan KIR,” tutur Umar Izzuddin.

Rencananya, Aisy Zivana akan terbang ke AS dan menimba ilmu di sekolah setingkat SMA di  Indianapolis, AS dan menjalani program saling mengenal budaya, menjembatani budaya Indonesia dan AS yang berbeda. 

“Semoga Aisy memegang teguh budaya Indonesia yang bermartabat, ikut aktif mengenalkan budaya Indonesia pada masyarakat Anerika. Menjadi “duta budaya dan persahabatan”.  Saya percaya Aisy mampu beradaptasi di AS karena Aisy punya mental kuat, kompetensi serta mampu berkomunikasi dengan baik,” imbuh Umar Izzuddin.

Sementara dikonfirmasi soal prestasinya ini, Aisy Zivana mengaku bersyukur bisa lolos serangkaian seleksi  ketat program KL YES 2023-2024 ke Amerika Serikat. Ia pun meminta doa restu semua pihak, utamanya seluruh keluarga, bapak ibu guru serta keluarga besar SMANSA.  

“Saya mohon doa restu pada semua, pada keluarga,  pada Ibu Bapak guru serta semua sahabat. Insyaallah awal Agustus 2023, saya studi ke Indianapolis, Amerika. Semoga Allah SWT selalu memudahkan dan melindungi ,” ujarnya.

Aisy Zivana sendiri berdomisili di Perum Pisma Griya Asri, Denasri Wetan, Kabupaten Batang  ini. Ia dikenal aktif dalam aktivisme di sekolah, baik akademik maupun non akademik. Selain menjadi juara favorit lomba menulis esai dan puisi Jawa Tengah, Aisy juga pernah menyabet predikat Jawara Taekwondo Piala Rektor Undip. 

Ia bertekad memanfaatkan kegiatan pertukaran pelajar di Amerika ini secara optimal dan menjaga nama baik keluarga, sekolah, dan daerahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: