Cuaca Ekstrem di Batang dan Pekalongan, PLN Utamakan Keselamatan Warga dan Pemulihan Pasokan Listrik

Cuaca Ekstrem di Batang dan Pekalongan, PLN Utamakan Keselamatan Warga dan Pemulihan Pasokan Listrik

--

Batang - PLN bertindak cepat atasi terganggunya aliran listrik pasca terjadinya hujan deras disertai angin kencang di wilayah Batang dan Pekalongan pada Sabtu 8 Juli 2023 sore.

Hingga pukul 17.00 WIB PLN telah berhasil memulihkan sebanyak 154 gardu distribusi dan sebanyak 9.234 pelanggan terdampak sudah kembali menikmati aliran listrik.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekalongan, Triyono menyampaikan bahwa PLN berkomitmen untuk terus menjaga keberlangsungan suplai listrik pelanggan. 

Untuk  mengantisipasi terjadinya gangguan akibat bencana, PLN UP3 Pekalongan menyiagakan 248 personil di 5 Posko utama. Selain itu PLN juga siap berkolaborasi  dengan BPBD, TNI, POLRI dan relawan masyarakat lainnya dalam setiap penanggulangan bencana.

“Kepada pelanggan yang terdampak kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Sesuai SOP proses pemulihan akan dilanjutkan dengan  penormalan secara bertahap sampai seluruh pelanggan menikmati listrik dan dapat beraktivitas kembali." ungkapnya. 

Sebelumnya kondisi cuaca hujan deras dan angin kencang menyebabkan pohon tumbang menimpa jaringan PLN di sejumlah titik, akibatnya aliran listrik di sebagian wilayah Batang dan Pekalongan terhenti sesaat. 

Salah satu pohon tumbang di Jalan Subah-Pecalungan Batang menimpa Jaringan Listrik dan truk yang sedang melintas. Dengan bantuan dari Damkar, TNI, POLRI dan masyarakat, dengan cepat pengamanan dapat dilakukan. Sehingga kurang dari 3 Jam listrik bisa kembali menyala dan akses jalan yang sempat tertutup bisa kembali terbuka.

PLN menyarankan kepada masyarakat untuk menghindari melakukan aktivitas di luar ruangan pada saat cuaca ekstrem

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang mempunyai pohon yang berpotensi roboh dan mengenai Jaringan Listrik PLN untuk direlakan dipotong agar lebih aman. Selain itu juga apabila ada kondisi berbahaya seperti pohon roboh yang mengenai jaringan listrik PLN, diharapkan masyarakat tidak panik dan tetap tenang. Laporkan kejadian tersebut melalui aplikasi PLN Mobile ataupun Contact Center 123 agar segera ditangani Petugas PLN. Informasi lain terkait kelistrikan juga dapat diakses melalui aplikasi PLN Mobile," pungkas Triyono. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: