Sulap Limbah Konveksi Jadi Sajadah Cantik

Sulap Limbah Konveksi Jadi Sajadah Cantik

PRODUK - Ketua TP PKK Kota Pekalongan bersama peserta pelatihan menunjukkan hasil karya sajadah dari kain perca.-Ainul Atho-

KOTA - Dalam rangka meningkatkan keterampilan masyarakat, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Pekalongan melalui Pokja III menggelar pelatihan pemanfaatan limbah konveksi menjadi sajadah kekinian, di Gedung BLK Kota Pekalongan, Kamis (20/7/2023). 

Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya yang hadir membuka kegiatan mengatakan, sebelumnya kegiatan serupa pernah dilaksanakan namun untuk produk yang diajarkan berbeda-beda tiap pelatihan. Dikatakan Inggit, 35 peserta merupakan perwakilan dari PKK Kecamatan dan Kelurahan.

“Kali ini membuat sajadah, kita variasikan lagi jenis barang atau produksi yang dibuat. Diantaranya taplak meja, tas, tempat tisu. Saat ini sajadah banyak diminati masyarakat khususnya orang muslim, dengan alat beribadah yang cantik dan unik bisa menambah semangat untuk beribadah,” terangnya.

Dikatakan Inggit, limbah konveksi atau kain perca ini cukup banyak ditemukan di kota Pekalongan. Limbah ini dapat dikreasikan menjadi barang bernilai guna dan jual. “Sebenarnya kalau sudah tahu basic dan bagaimana memadupadankan motif dan warna perca, mereka menjadikan pengetahuan itu untuk berkreasi lebih luas lagi,” tandasnya.

Inggit berharap, kegiatan ini bisa menambah skill sehingga bisa menjadi alternatif usaha bagi peserta pelatihan. Menurutnya usaha dari kain perca ini sangat menjanjikan sebab nilai jual dari produk kain perca dilihat dari seberapa sulit dan cantiknya motif yang dipadukan bukan dilihat dari modal yang dikeluarkan.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: