9 Penyebab Mengantuk di Pagi Hari, Bukan Sekedar Kurang Tidur

9 Penyebab Mengantuk di Pagi Hari, Bukan Sekedar Kurang Tidur

Ilustrasi mengantuk di pagi hari.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Kerap mengantuk di pagi hari, padahal tidur di malam hari cukup. Ya penyebab mengantuk di pagi hari bukan sekadar kurang tidur, namun ada beberapa penyebab lainnya seperti efek samping obat-obatan, stres, gangguan tidur hingga pertanda idap penyakit tertentu.

Mengantuk di pagi hari, bahkan meskipun sudah mandi, tentu akan memengaruhi aktivitas harian. Produktivitas kerja bisa menurun. Rasa malas akan menggelayuti kita karena rasa kantuk yang tak terkira.

Baca juga:Jangan Tidur di Pagi Hari, Rezeki Bisa Seret

Kantuk di pagi hari bisa dipicu oleh masalah psikologis, masalah kesehatan fisik dan kebiasaan buruk. Berikut ini lebih rinci lagi faktor penyebabnya seperti dilansir alodokter.com.

1. Kurang tidur di malam hari

Umumnya, mengantuk di pagi hari akan muncul jika kurang tidur pada malam hari. Bisa akibat begadang atau mengerjakan tugas hingga tengah malam. Kurang tidur ini bisa menyebabkan seseorang merasa ngantuk dan kelelahan sepanjang hari. Oleh karenanya, durasi tidur tujuh sampai sembilan jam setiap malam untuk orang dewasa perlu dijaga agar kualitas tidur terjaga.

2. Siklus tidur alami tubuh

Dua siklus tidur tubuh akan merasa mengantuk secara alami dalam sehari. Yakni antara tengah malam hingga jam 7 pagi dan sekitar pukul 1 siang hingga 4 sore. 

3. Konsumsi kafein

Kafein dalam kopi, teh, minuman ringan, atau obat-obatan jika dikonsumsi sebelum tidur dapat mengganggu kualitas tidur kita. Pasalnya, kafein tetap bekerja di dalam tubuh hingga sekitar enam jam setelah kita mengonsumsinya.

Baca lagi:Cara Tidur Berkualitas Sesuai Rasulullah, Agar Tubuh Bugar di Pagi Hari dan Sehat

4. Dehidrasi

Aliran darah ke otak bisa berkurang akibat dehidrasi, sehingga tubuh mudah merasa ngantuk. Akibatnya, kualitas tidur pun terganggu.

5. Efek samping obat-obatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: