Cara Tidur Berkualitas Sesuai Rasulullah, Agar Tubuh Bugar di Pagi Hari dan Sehat

Cara Tidur Berkualitas Sesuai Rasulullah, Agar Tubuh Bugar di Pagi Hari dan Sehat

Ilustrasi kamar tidur-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Ingin tidur berkualitas agar badan bugar di pagi hari dan hidup sehat, coba ikuti tidur berkualitas ala Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Selain dapat pahala dengan mengikuti sunah tidur Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, tidur berkualitas sangat penting bagi kesehatan jiwa dan raga.

Tidur tak sekedar mengistirahatkan berbagai organ tubuh. Namun Tidur bermanfaat untuk pertumbuhan dan memelihara kesehatan jantung. 

Tidur yang tidak berkualitas dapat mengakibatkan gangguan tubuh. Di antaranya, gangguan sistem imun, menurunkan hormon pertumbuhan, menurunkan kemampuan memori dan mengakibatkan gangguan pada fungsi organ lainnya. Produktivitas seseorang pun akan terganggu jika kurang tidur.

Bukan hanya durasi tidur yang menentukan kualitas tidur seseorang. Menurut penelitian Cicik Sulistiyani dilansir dalam fk.uii.ac.id, faktor yang memengaruhi kualitas tidur pada mahasiswa adalah kondisi lingkungan, pencahayaan, posisi tidur, aktivitas dan gaya hidup. 

Jauh sebelum ada penelitian modern tentang pentingnya tidur dan cara tidur yang benar, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah memberikan petunjuk terkait tidur yang sehat dan berkualitas. 

Salah satu dalil tentang adab tidur Nabi ialah hadist yang diriwayatkan dari al-barra ibn Azib bahwa Rasulullah berkata kepadanya, Dari Al-Bara bin Aazib radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa ketika Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam akan tidur, beliau berbaring pada sisi kanan, lalu membaca doa:

اَللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِيْ إِلَيْكَ، وَفَوَّضْتُ أَمْرِيْ إِلَيْكَ، وَوَجَّهْتُ وَجْهِيَ إِلَيْكَ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِيْ إِلَيْكَ، رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ، لاَ مَلْجَأَ وَلاَ مَنْجَا مِنْكَ إِلاَّ إِلَيْكَ، آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِيْ أَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِيْ أَرْسَلْتَ

(Allahumma aslamtu nafsii ilaik, wa fawwadh-tu amrii ilaik, wa wajjahtu wajhiya ilaik, wa alja’tu zhohrii ilaik, rogh-batan wa rohbatan ilaik, laa malja-a wa laa manjaa minka illa ilaik. Aamantu bikitaabikalladzi anzalta wa bi nabiyyikalladzi arsalta).

[Artinya: “Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepada-Mu, aku menyerahkan urusanku kepada-Mu, aku menghadapkan wajahku kepada-Mu, aku menyandarkan punggungku kepada-Mu, karena senang (mendapatkan rahmat-Mu) dan takut pada (siksaan-Mu, bila melakukan kesalahan). Tidak ada tempat perlindungan dan penyelamatan dari (ancaman)-Mu, kecuali kepada-Mu. Aku beriman pada kitab yang telah Engkau turunkan, dan (kebenaran) Nabi-Mu yang telah Engkau utus.” Apabila Engkau meninggal dunia (di waktu tidur), maka kamu akan meninggal dunia dengan memegang fitrah (agama Islam)].” (HR Bukhari, Muslim)

Baca juga:Adab Bangun Tidur Sesuai Sunah Nabi

Berikut ini adab atau cara tidur sehat seperti Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Bewudhu sebelum tidur

Rasulullah sebelum tidur berwudhu dulu. Ini berdasarkan hadist dari Al-Bara bin Aazib, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda padaku, “Jika engkau hendak tidur, maka berwudhulah dengan wudhu yang digunakan untuk shalat lalu berbaringlah pada sisi kanan.” Kemudian disebutkan doa seperti di atas, lalu Nabi shallallahu alaihi wa sallam mengatakan, “Jadikanlah bacaan tersebut sebagai kalimat terakhir yang engkau ucapkan.” (HR Bukhari, Muslim).

Kadar kortisol yang merupakan hormon tubuh yang berperan penting dalam respon stres tubuh akan menurun pada malam hari. Tidur dengan keadaan yang suci akan memberikan ketenangan jiwa dan kenyamanan bagi seluruh anggota tubuh di saat kadar kortisol menurun di malam hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: