Monumen Jenderal Hoegeng Akan Dibangun di Kota Pekalongan

Monumen Jenderal Hoegeng Akan Dibangun di Kota Pekalongan

TINJAU LOKASI - Wakapolda Jateng Brigjenpol Abioso Seno Aji didampingi Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid, Kapolres Pekalongan Kota AKBP A Recky Robertho, Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya, meninjau lokasi pembangunan Monumen Jender-Wahyu Hidayat-

KOTA - Untuk mengenang jasa dan teladan dari mantan Kapolri Jenderal Hoegeng Iman Santoso, sebuah monumen yang diberi nama Monumen Jenderal Hoegeng akan dibangun di Kota Pekalongan.

Monumen Jenderal Hoegeng ini akan dibangun di kompleks Stadion Hoegeng, Kota Pekalongan. Pembangunan monumen ini atas inisiasi dari Polda Jawa Tengah.

Dalam kaitannya dengan rencana tersebut, Wakapolda Jateng Brigjenpol Abioso Seno Aji telah meninjau lokasi di Stadion Hoegeng, pada Selasa (1/8/2023).

Kedatangan Wakapolda disambut Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid, Kapolres Pekalongan Kota AKBP A Recky Robertho, Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya, dan Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi.

Wakapolda mengatakan bahwa dirinya diperintah oleh Kapolda Irjen Pol Ahmad Luthfi untuk bersilaturahmi sekaligus meninjau calon lokasi pembangunan Monumen Hoegeng di area Stadion Hoegeng Kota Pekalongan.

"Alhamdulillah lokasinya sangat memadai dan layak didirikan disini. Tentu, kami hadir di sini juga tidak lupa mohon doa restu kepada pak wali dan para tokoh yang ada di Pekalongan. Mudah-mudahan pembangunan patung monumen ini tidak ada kendala apapun," tutur Wakapolda Abioso.

Wakapolda Abioso menjelaskan, alasan dipilihnya Kota Pekalongan untuk lokasi pembangunan patung monumen tersebut karena menurut catatan sejarah, bahwa Jenderal Hoegeng lahir dan sempat berkarir di Kota Pekalongan. Sehingga, hal ini menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat Kota Pekalongan khususnya dan Indonesia umumnya.

"Bagi kami sendiri yang masih berkecimpung di institusi kepolisian, sosok Jenderal Hoegeng ini merupakan tokoh legendaris yang memiliki jiwa patriotik, penuh kesederhanaan, jujur, berani, dan hal-hal positif lainnya. Harapan kami, dengan dibangunnya monumen Hoegeng di lokasi ini bisa menginspirasi ketauladanan sosok Jenderal Hoegeng kepada para generasi penerus bangsa," tegasnya.

Sementara itu, Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid atau yang kerap disapa Aaf mengaku bersyukur dan menyambut baik adanya rencana pembangunan patung monumen Jendral Hoegeng.

"Ini berkah untuk Kota Pekalongan, dan tentu kami menyambut dengan tangan terbuka sekaligus memotivasi kami untuk menata Stadion Hoegeng, karena masyarakat bisa melihat perawatan stadion Hoegeng ini masih minim kita lakukan," ujar Aaf.

Aaf berharap dengan setelah sebelumnya ada tugu perjuangan atas inisiasi Habib Luthfi dan dilanjutkan rencana pembangunan patung monumen Hoegeng di kawasan Stadion Hoegeng, bisa menambah kembali icon baru di Kota Pekalongan.

"Mudah-mudahan ini jadi keberkahan untuk kita semua karena semuanya bersatu dari pemerintah, TNI, Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat untuk menjaga kondusivitas di Kota Pekalongan. Jika monumen ini sudah jadi nantinya, ayo kita rawat bersama monumen kebanggaan Kota Pekalongan ini," harapnya.

Konsultan sekaligus arsitek pembangunan Monumen Jenderal Hoegeng, Nur Hadiman, menjelaskan bahwa pembangunan monumen Hoegeng ini dilatarbelakangi untuk lebih mengenalkan kepada masyarakat luas terkait sosok mantan Kapolri Jenderal Hoegeng yang dikenal sebagai Polisi Jujur, dan sangat berjasa bagi masyarakat khususnya institusi Polri. 

Hadiman menyebutkan, Monumen Hoegeng ini akan dibangun tepat di depan Pintu Utama Stadion Hoegeng Pekalongan dengan ketinggian patung sekitar 9 meter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: