Kebakaran Lahan Kian Marak di Pekalongan, Jangan Buang Puntung Rokok Sembarangan!

Kebakaran Lahan Kian Marak di Pekalongan, Jangan Buang Puntung Rokok Sembarangan!

Lahan kosong di Desa Sastrodirjan Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan terbakar.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN - Masyarakat diimbau untuk mewaspadai kebakaran lahan yang bisa merembet hingga ke area pemukiman warga. Untuk itu, warga diimbau tidak membakar sampah tanpa pengawasan dan tidak membuang puntung rokok sembarangan di serasah yang kering.

Kejadian kebakaran lahan telah terjadi bebarapa kali di Kabupaten Pekalongan. Sebagian besar di antaranya akibat pembersihan lahan dengan cara dibakar. Tak sedikit pula akibat putung rokok yang dibuang di serasah kering sehingga menyulut terjadinya api.

Baca juga:7 Bulan, Terjadi 32 Kasus Kebakaran di Kota Pekalongan

Kebakaran lahan yang terbaru terjadi di lahan kosong di Dukuh Sedran, Desa Sastrodirjan, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan, Selasa (1/8/2023).

Kebakaran di lokasi ini berasal dari sekitar tempat kolongan burung dara yang merembet ke arah selatan dan membakar lahan kering.

Plt Kapolsek Wonopringgo Iptu Turkhan, menerangkan, kobaran api sempat membesar dan membakar sebagian lahan kering di lokasi itu. Pasalnya, selama musim kemarau ini banyak tanaman perdu dan rumput yang mengering sehingga mudah terbakar.

Namun, berkat kesigapan polisi dibantu warga dan petugas damkar, api berhasil dipadamkan. Dari kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa. "Alhamdulillah api bisa dipadamkan dan tidak ada korban jiwa," kata dia.

Baca lagi:Puncak Kemarau Diprediksi Agustus, Pemkab Batang Petakan 7 Kecamatan Rawan Kebakaran Hutan dan Lahan

Iptu Turkhan mewanti-wanti kepada warga untuk tidak melakukan hal-hal yang bisa berpotensi mengakibatkan kebakaran, seperti buang puntung rokok sembarang di serasah kering atau membakar sampah tanpa pengawasan. Apabila membakar sesuatu, kata dia, harus ditunggu dan jangan ditinggal begitu saja.

“Mengingat ini musim kemarau, anginnya juga kencang, dan banyak ranting serta alang-alang yang kering dan mudah terbakar, diharapkan untuk hati-hati apabila membakar sesuatu. Jangan buang puntung rokok sembarangan, karena puntung rokok yang masih menyala bisa mengakibatkan kebakaran,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: