Halal dan Realistis, Begini 6 Cara Cepat Kaya Ala Orang Jepang yang Cocok untuk Semua Kalangan

Halal dan Realistis, Begini 6 Cara Cepat Kaya Ala Orang Jepang yang Cocok untuk Semua Kalangan

ilustrasi cara menjadi kaya ala orang Jepang-pexels-https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-kaya-uang-memegang-5909794/

RADAROEKALONGANMenjadi kaya, punya banyak uang, bahkan merdeka finansial tentu dambaan banyak orang. Dengan begitu, hidup bisa lebih sejahtera dan bisa berbagi kepada orang banyak. Ada beberapa cara untuk mewujudkan hal tersebut, salah satunya cara cepat kaya ala orang Jepang.

Bicara tentang Jepang, mereka memang punya banyak gaya hidup yang layak dijadikan contoh. Seperti cara cepat kaya ala orang Jepang ini yang sebenarnya mengadopsi dari metode menabung orang Jepang dengan nama metode Kakeibo.

Metode Kakeibo adalah metode pengelolaan keuangan ala Jepang yang menekankan aspek pertimbangan matang sebelum memutuskan membelanjakan uang. Mulai dari pertimbangan kondisi keuangan, fungsi barang, sampai pertimbangan kondisi impulsif saat menginginkannya.

Lalu, bagaimanakah cara cepat kaya ala orang Jepang dengan metode Kakeibo ini? Yuk, simak artikel berikut sampai akhir ya.

BACA JUGA:Apakah Kekayaan Itu Tanda Cinta Allah pada Hamba? Ini Menurut Ustadz Syafiq Riza Basalamah

1. Buat Catatan Pemasukan dan Pengeluaran

Langkah pertama cara cepat kaya ala orang Jepang yaitu mencatat dengan baik pemasukan juga pengeluaran setiap bulan. Metode Kakeibo dikenal dengan cara pencatatan keuangan secara manual tanpa bantuan teknologi. Jadi alih-alih menggunakan excel atau aplikasi keuangan di smartphone, kamu dianjurkan menulis catatan keuangan secara manual.

Tulislah semua pemasukan yang ada di bulan tersebut untuk mengetahui finansialmu bulan itu, kemudian catat pula pengeluaran yang dilakukan sebagai bahan pengingat. Menulis secara manual diyakini bisa membuat kita lebih paham dan mengingat kondisi finansial dengan baik.

2. Utamakan Uang Tabungan, Dana Lain Kemudian

Ada empat jenis dana dalam metode Kakeibo. Yaitu dana Survival (kebutuhan pokok), Optional (kebutuhan sekunder), Culture (kebutuhan untuk tambahan wawasan), dan extra (pengeluaran lain). Alih-alih mengutamakan dana tersebut, kamu perlu mengalokasikan tabungan terlebih dahulu baru kebutuhan dana lainnya.

Tapi tentunya ini tidak berarti kamu mengabaikan kebutuhan pokok dan hidup serba kekurangan demi tabungan melimpah. Cara cepat kaya ala orang Jepang ini tetap harus dilakukan dengan pertimbangan realistis ya?

3. Transaksi Pakai Uang Tunai

Tidak hanya catatan keuangan yang perlu dilakukan secara manual, cara cepat kaya ala orang Jepang juga menganjurkan untuk melakukan transaksi dengan menggunakan uang tunai. Dalam metode Kakeibo, cara ini perlu dilakukan agar kamu tidak mudah melakukan pengeluaran.

Penggunaan e-money, kartu debit, atau kartu kredit bisa membuatmu kalap dan tidak bisa mengontrol pengeluaran dengan baik. Untuk menghindari hal tersebut, maka lakukan transaksi cash saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: