Yakin Mau Jadi Orang Tua? Ini 5 Hal yang Harus Dipastikan Sebelum Memiliki Anak, Upayakan Tercentang Semua

Yakin Mau Jadi Orang Tua? Ini 5 Hal yang Harus Dipastikan Sebelum Memiliki Anak, Upayakan Tercentang Semua

ilustrasi hal yang harus dipastikan sebelum memiliki anak-tangkapan layar-pexel.com

3. Finansial

Terkait dengan hal ini tentunya semua orang sudah paham bahwa mengandung, melahirkan, kemudian membesarkan anak tidak butuh budget sedikit. Diperlukan kesiapan finansial agar semuanya berjalan dengan baik dan bisa memberikan yang terbaik untuk tumbuh kembang anak.

Sekalipun keuangan bisa diusahakan seiring berjalannya waktu, orang tua baiknya memastikan kondisi terdekat dengan lebih baik. Misalnya tempat tinggal yang baik, jaminan kesehatan, juga sederet pemeriksaan yang harus dilakukan dari janin sampai dengan anak tumbuh memasuki usia sekolah.

BACA JUGA:7 Dosa Besar Orang Tua Saat Membesarkan Anak, Efeknya Bisa Sampai Masa Dewasa!

Pun dengan dana darurat yang tidak bisa diketahui waktu dan besarannya. Dengan persiapan hal ini, orang tua akan jauh lebih mudah dan tenang menjalani kehidupan.

4. Manajemen Waktu

Hal yang harus dipastikan sebelum memiliki anak berikutnya adalah manajemen waktu. Orang tua baiknya memiliki skala prioritas yang menyenangkan untuk anggota keluarga. Bagaimana pun anak selalu membutuhka perhatian dari orang tua sehingga bisa bertumbuh dengan penuh kebahagiaan.

Hal ini merupakan PR besar bagi orang tua. Mereka harus bisa mengatur waktu untuk berbagai peran dengan seimbang. Misalnya tetap menjadi sosok ibu, istri, pekerja, bahkan diri sendiri sekaligus.

Pasangan suami istri juga perlu menyeimbangkan waktu untuk berbagi tugas sehingga anak masih mendapat perhatian sekalipun keduanya adalah orang sibuk. Misalnya menentukan quality time khusus atau membuat aturan weekend tanpa gadget atau hal lainnya.

5. Skill Komunikasi

Selain empat hal tadi, hal yang harus dipastikan sebelum memiliki anak ini juga tidak kalah penting. Skill komunikasi tidak hanya penting di dunia kerja tapi juga sangat diperlukan di rumah. Terutama, komunikasi antar pasangan dan anak orang tua.

Pasangan harus memiliki kesepakaan pola asuh yang sesuai sehingga bisa mendidik anak dengan sejalan. Sementara untuk anak sendiri, komunikasi yang berkualitas dengan anak bisa memunculkan kedekatan sehingga kelak keduanya bisa berdiskusi dua arah dan saling memiliki kepercayaan. 

Tidak ada yang mudah memang, tapi semuanya bisa diusahakan. Semoga kita bisa jadi orang tua yang baik ya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: