Rizal Bawazier Ajak Puluhan Warga Desa Kebagusan Upacara Bendera Peringatan HUT Kemerdekaan RI di Tengah Sawah

Rizal Bawazier Ajak Puluhan Warga Desa Kebagusan Upacara Bendera Peringatan HUT Kemerdekaan RI di Tengah Sawah

Rizal Bawazier menjadi inspektur upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Desa Kebagusan yang digelar di tengah sawah.-istimewa -

PEMALANG - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, puluhan warga Desa Kebagusan, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang menggelar Upacara Bendera di tengah sawah, Kamis 17 Agustus 2023.

Bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Dewan Pakar Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Rizal Bawazier. Sedangkan petugas upacara sendiri merupakan para pemuda Desa Kebagusan.

Upacara bendera dimulai sekitar pukul 08.00 wib, dan diikuti oleh puluhan warga, baik laki-laki maupun perempuan. Tidak ketinggalan, sejumlah anak-anak juga ikut dalam kegiatan tersebut.

Rangkaian upacara digelar sesuai urut baku upacara bendera. Termasuk adanya pengibaran bendera merah putih, pembacaan doa dan juga amanat dari inspektur upacara.

Selalu inspektur upacara, pada kesempatan Rizal Bawazier juga membacakan teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada amanatnya, Rizal Bawazier mengajak warga Desa Kebagusan untuk menjaga keharmonisan rakyat, minimal di lingkungannya.

"Agar suatu daerah selalu diberi kemakmuran oleh Allah, maka seluruh warganya harus bisa menjaga keharmonisan satu sama lain," kata Rizal Bawazier.

Warga juga diminta untuk tidak saling membedakan dalam bentuk apapun, apalagi terkait dengan SARA (suku, ras dan agama). Pasalnya, saling membedakan itulah yang bisa menjadi penyebab satu daerah terkena musibah.

"Kita harus saling menjaga keharmonisan, karena Allah telah berpesan, bahwa tidak akan menjatuhkan suatu musibah jika warganya hidup saling mengasihi dan tidak membeda-bedakan satu dengan lainnya," terang pria yang akrab dipanggil RB ini.


--

Usai upacara Rizal Bawazier menjelaskan, dirinya bersama DPD II PKS Kabupaten Pemalang sengaja menggelar upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI guna meningkatkan semangat nasionalisme warga desa.

"Mungkin selama ini warga ada yang tidak pernah mengikuti upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan, sehingga hari ini kita ajak bersama-sama sebagai wujud syukur atas kemerdekaan bangsa ini. Selain itu, upacara ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan kecintaan warga terhadap tanah airnya yang sudah diberi anugerah oleh Allah berupa kemerdekaan," terang RB.

Untuk pemilihan lokasi sendiri, pihaknya sengaja memilih di tengah sawah, karena tempat tersebut merupakan lokasi sebagian besar warga Desa Kebagusan dalam mencari nafkah.

"Disinilah warga mencari nafkah. Sehingga kita ajak warga untuk upacara disini sebagai wujud rasa syukur atas kemerdekaan bangsa Indonesia," tandas Rizal Bawazier. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: