6 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur, Wanita Wajib Tahu!

6 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur, Wanita Wajib Tahu!

6 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur, Wanita Wajib Tahu!-YouTube.Com/ Alodokter-

RADARPEKALONGAN - Apakah kamu sering mengalami menstruasi tidak teratur? Jika iya, maka kamu perlu mengetahui penyebab menstruasi tidak teratur. Yuk, simak!

Menstruasi merupakan sebuah proses luruhnya dinding rahim yang disertai dengan keluarnya darah dari Miss V. Siklus ini berlangsung selama 28 hingga 36 hari dan umumnya terjadi selama 3 sampai 7 hari. 

Seringkali kondisi menstruasi tidak teratur kerap menimbulkan rasa khawatir di benak para wanita. Ketika mengalami hal ini biasanya siklus menstruasi bisa menjadi memandang maupun memendek.

Oleh karenanya, sangat penting untuk mengetahui sederet penyebab menstruasi tidak teratur. Sehingga, kamu dapat mengetahui dan melakukan pencegahan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA: Selain Meredakan Nyeri Haid, Inilah 8 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh Wanita Lainnya

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Kira-kira apa aja ya penyebab menstruasi tidak teratur yang wajib wanita tahu? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini sampai akhir. 

1. Mengalami Menopause

Penyebab menstruasi tidak teratur yang wajib wanita tahu pertama adalah mengalami menopause. Kondisi semacam ini biasanya dialami wanita berusia lanjut atau karena kondisi medis tertentu. 

Ketika memasuki masa menopause seringkali menstruasi menjadi tidak berjalan lancar. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya hormon estrogen serta progesteron di dalam tubuh dan tidak beraturan. 

2. Memasuki Masa Kehamilan

Selanjutnya, penyebab menstruasi tidak teratur yaitu memasuki masa kehamilan. Ketika seorang wanita mengalami kehamilan biasanya akan ditandai dengan terjadinya menstruasi yang mulai berhenti.

Jika kamu salah satu yang mengalaminya, maka bisa memastikan dengan memeriksakan diri ke dokter. Sehingga, bisa mengetahui apakah hamil atau tidak. Dengan begitu, langkah yang perlu dilakukan selanjutnya bisa lebih tepat.

3. Penggunaan Alat Kontrasepsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: