Ingin Rezeki Lancar dan Berkah, Ustadz Syafiq Riza Basalamah Sarankan Perbanyak Istighfar dan Taubat

Ingin Rezeki Lancar dan Berkah, Ustadz Syafiq Riza Basalamah Sarankan Perbanyak Istighfar dan Taubat

Ustadz Syafiq Riza Basalamah-Tangkapan layar youtube Syafiq Riza Basalamah Official-

RADARPEKALONGAN - Selain sebab duniawi, ada kunci-kunci rezeki dalam Alquran dan sunah agar rezeki lancar dan berkah. Yakni istighfar dan taubat, takwa, tawakal kepada Allah.

Beribadah sepenuhnya kepada Allah, menjalankan ibadah haji dengan umroh, silaturahim, infak di jalan Allah, berinfak kepada penuntut ilmu syari sepenuhnya, berbuat baik kepada orang-orang yang lemah dan hijrah di jalan Allah.

Dalam video di kanal Youtube Syafiq Riza Basalamah Official, dilihat pada Selasa, 22 Agustus 2023, Ustadz Syafiq Riza Basalamah mengupas kunci-kunci rezeki yang ditulis oleh Syaikh Dr Fadhl Ilahi dalam bukunya yang berjudul Kunci-Kunci Rezeki Menurut Alquran dan as-Sunnah. 

"Syaikh Fadhl Ilahi beliau membahas tentang ada 10 sebab mencari rezeki selain sebab duniawi. Yang jelas sebab duniawi ya kita bekerja, kita buka usaha, kita mendaftarkan diri menjadi pegawai. Itu mencari rezeki. Allah perintahkan kita untuk berjalan di muka bumi ini untuk cari rezeki," ungkapnya.

Di mukadimah kitab ini Syaikh Dr Fadhl Ilahi menyebutkan adanya sebagian umat Islam yang berpikiran kalau dia melaksanakan ajaran Islam yang benar, maka rezekinya akan sempit. Sehingga mereka berpikir untuk bermudah-mudahan dalam melaksanakan perintah Allah.

Ustadz Syafiq lantas mencontohkan praktik riba. Sebagian orang berpikir jika tidak pinjam uang di bank maka tidak akan sukses. Sebab tak akan ada modal untuk usaha. Padahal Allah murka dengan praktik riba. 

Baca juga:10 Amalan Pembuka Rezeki Menurut Alquran dan Hadist, Jalankan agar Rezeki Datang dari Arah Tak Disangka

Islam datang memberikan kemudahan. Islam datang sebagai rahmatan lil alamin. Semua syariat Islam itu untuk kemaslahatan umat. Sebagian orang merasa berat melaksanakan syariat Allat, karena dinilainya terlalu banyak aturan. 

"Padahal aturan itu dibikin untuk maslahat kita. Dan terbukti cepat atau lambat dunia akan menyaksikan kalau dunia ini tak akan aman kecuali dengan aturan-aturan yang Allah turunkan kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam," ujar Ustadz Syafiq.

Salah satu kunci rezeki yang ditulis oleh Syaikh Dr Fadhl Ilahi dalam bukunya yang berjudul Kunci-Kunci Rezeki Menurut Alquran dan as-Sunnah adalah istighfar dan taubat

"Kunci rezeki yang pertama ialah istighfar dan taubat. Sebagian orang sering mengatakan Astaghfirullah tapi dosa tetap jalan terus. Ucapan Astaghfirullah wa atubu ilaik, ucapan Astaghfirullah selesai salat, ucapan Hufronaka saat keluar kamar mandi, semuanya terbiasa mengucapkan hal itu," ujar Ustadz Syafiq. 

Baca lagi:5 Doa Pembuka Rezeki dari Segala Penjuru, Amalan Ringan Hasilkan Berkah Tiada Henti

"Pertanyaannya apakah yang keluar di lisan kita itu sama yang di dalam hati kita. Benarkah kita minta ampun sama Allah Ta'ala. Benarkan kita bertobat ingin meninggalkan dosa-dosa yang kita lakukan, atau hanya ya kita selesai salat kita baca itu tanpa meyakini maknanya," lanjutnya.

Imam Ar-Raghib Al-Ashfahani menafsirkan taubat adalah meninggalkan dosa karena keburukannya, menyesali dosa yang telah dilakukan, berkeinginan kuat untuk tidak mengulanginya dan berusaha melakukan apa yang bisa diulangi (diganti). Jika keempat hal itu telah terpenuhi berarti syarat taubatnya telah sempurna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: