10 Amalan Pembuka Rezeki Menurut Alquran dan Hadist, Jalankan agar Rezeki Datang dari Arah Tak Disangka

10 Amalan Pembuka Rezeki Menurut Alquran dan Hadist, Jalankan agar Rezeki Datang dari Arah Tak Disangka

Ilustrasi koin emas-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Selain terus berikhtiar menjemput rezeki, Alquran dan hadist telah memberi petunjuk pintu-pintu rezeki sebagai amalan pembuka rezeki bagi setiap muslim.

Dalam Islam, rezeki tak sekedar uang. Rezeki merupakan segala hal yang memberikan manfaat kepada makhluk ciptaan Allah Ta'ala. Setiap orang miliki kadar rezekinya sendiri-sendiri dan tak akan pernah tertukar rezeki itu dengan orang lain.  

Kadar rezeki tiap manusia memang sudah ditetapkan, tapi ada amalan-amalan pembuka rezeki yang bisa melancarkan dan memperbanyak rezeki sesuai dalil dalam Alquran dan hadist. 

Baca juga:Amalan Sunah di Bulan Muharam, Ustaz Syafiq Ingatkan untuk Lapangkan Rezeki Buat Keluarga di Hari Asyura

Berikut amalan-amalan pembuka rezeki atau pintu-pintu rezeki menurut Alquran dan hadist yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Memperbanyak istighfar

Allah Ta'ala berfirman dalam surat Nuh ayat 10-12: "Maka Aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Robbmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, memperbanyak harta dan anak-anakmu, mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan untukmu sungai-sungai'".

Menurut Al Qurtubi, dalam ayat ini terdapat dalil yang menunjukkan bahwa istighfar merupakan salah satu cara diturunkannya rezeki dan hujan.

2. Bertakwa kepada Allah

Allah Ta'ala berfirman dalam surat At Thalaq ayat 2-3: "Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka".

Dalam ayat di atas, Allah menegaskan bahwa orang yang bertakwa akan dibalas Allah dengan dua hal. Yakni, Allah akan mengadakan jalan keluar baginya dari setiap kesusahan dunia maupun akhirat, dan Allah akan memberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. 

Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan, barangsiapa yang bertakwa kepada Allah dengan melakukan apa yang diperintahkan-Nya dan meninggalkan apa yang dilarang-Nya, niscaya Allah akan memberinya jalan keluar serta rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka, yakni rezeki dari arah yang tidak pernah terlintas dalam benaknya.

3. Bertawakal kepada Allah

Dalilnya ada sebuah hadist dari Umar bin Khaththab Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: