Cegah Abrasi, Polres Batang Tanaman Seribu Bibit Cemara Laut dan Mangrove di Pantai Muara Rejo

Cegah Abrasi, Polres Batang Tanaman Seribu Bibit Cemara Laut dan Mangrove di Pantai Muara Rejo

Kapolres bersama Dandim dan PJ Bupati Batang serta Forkompinda melakukan penanaman pohon Cemara Laut untuk mencegah abrasi.-Dony Widyo -

*Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini

BATANG - Untuk mencegah terjadinya abrasi di sepanjang pesisir Pantai Sigandu, jajaran Polres Batang bersama TNI dan juga Pemkab setempat melakukan penaman sebanyak 1.000 bibit tanaman Cemara Laut dan juga Mangrove atau Bakau.

Bibit tanaman tersebut ditanam di Pantai Muara Rejo, Desa Depok, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Rabu 23 Agustus 2023.

Penanaman itu sendiri dilakukan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78, dengan Tema Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini, dan dilakukan secara serentak oleh jajaran Kepolisian se-Indonesia.

Untuk bibit yang ditanaman, terdiri dari 750 bibit Cemara Laut dan 250 bibit bakau. Untuk tingkat Kabupaten Batang sendiri, penanaman secara simbolis diawali oleh Kapolres Batang AKBP Saufi Salamun bersama jajaran Forkopimda.

Kapolres Batang AKBP Saufi Salamun mengatakan, kegiatan penanaman itu sendiri merupakan kepedulian Polri, khususnya Polres Batang untuk menjaga kelestarian lingkungan.

"Untuk Kabupaten Batang sendiri juga sebagai upaya mencegah terjadinya abrasi sepanjang pesisir pantai," ujarnya ditemui usai penanaman mangrove di Pantai Muara Rejo, Rabu 23 Agustus 2023.

Kapolres menjelaskan, penanaman pohon tersebut juga sebagai upaya untuk mengurangi pengaruh pemanasan global yang saat ini terjadi, sehingga memberikan efek positif bagi masyarakat dan lingkungan hidup lainnya.

"Kegiatan Polisi Peduli Penghijauan ini merupakan gagasan dari Kapolri, sebagai wujud kepedulian Polri terhadap lingkungan hidup. Dan selanjutnya tanaman yang sudah ditanam harus dirawat dan di jaga kelestariannya agar bisa dimanfaatkan oleh banyak orang," tandas Kapolres. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: