Menteri Koperasi UKM Teten Masduki Meresmikan SPBU Nelayan di Pekalongan

Menteri Koperasi UKM Teten Masduki Meresmikan SPBU Nelayan di Pekalongan

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki didampingi Bupati Pekalongan Fadia Arafiq meresmikan SPBU Nelayan di Desa Tratebang Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN - Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Menteri Koperasi UKM) Republik Indonesia Teten Masduki meresmikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan atau SPBU Nelayan di Desa Tratebang, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan, Selasa, 29 Agustus 2023.

Peresmian SPBU Nelayan tersebut merupakan implementasi dari program KemenkopUKM. Yakni program solusi nelayan yang tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan kepada para nelayan untuk mendapatkan solar bersubsidi.

Menteri Koperasi UKM Teten Masduki, menyampaikan, saat ini terdapat 338 SPBU Nelayan besar. Sedangkan jumlah desa nelayan di Indonesia lebih dari 10.000 desa. 

Oleh karena itu, solusi untuk menyelesaikan ketimpangan antara jumlah SPBU Nelayan dan kebutuhan bahan bakar pada lebih dari 10.000 desa nelayan tersebut adalah dengan membangun unit-unit SPBU mini di desa-desa nelayan. Agar aksesnya lebih dekat dengan para nelayan dan mereka bisa mendapatkan harga SPBU.

Baca lagi:Kuota Solar Nelayan Dibatasi

Teten Masduki menjelaskan, pemerintah menargetkan pembangunan 250 SPBU Nelayan hingga tahun 2025. Namun, ia mengakui bahwa dari jumlah tersebut tidaklah sebanding dengan jumlah desa nelayan yang mencapai lebih dari 10.000 desa. 

Karena itu, ia mengatakan bahwa kementeriannya bersama Kementerian BUMN dan Pertamina berharap agar pemerintah daerah dapat turut serta untuk memastikan agar program ini dapat berjalan dengan baik supaya bisa terus dikembangkan di seluruh Indonesia.

Ia menegaskan bahwa harapan dari diberlakukannya program solusi nelayan dengan membangun SPBU Nelayan di desa-desa nelayan adalah agar semua nelayan bisa dengan mudah mendapatkan solar untuk produksi.

“Karena sebagian besar 60 persen biaya produksi untuk nelayan ini adalah bahan bakar. Oleh karena itu menyediakan kemudahan untuk mendapatkan bahan bakar ini menjadi perhatian pemerintah supaya kesejahteraan nelayan ini jadi lebih baik,” ujarnya.

Baca lagi:Solar Langka, Nelayan Urung Melaut

Sementara itu, Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dibangunnya SPBU nelayan di pesisir Kabupaten Pekalongan. Ia menilai kehadiran SPBU Nelayan akan sangat membantu para nelayan di Kabupaten Pekalongan.

"Kami dari pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden. Program yang luar biasa ini sangat membantu para nelayan dan petani tambak," ujarnya.

Fadia menambahkan, dengan adanya program solusi nelayan di Desa Tratebang akan dapat menurunkan biaya operasional para nelayan di desa tersebut. Sehingga pelan-pelan namun pasti para nelayan akan dapat terlepas dari pinjaman rentenir dan kesejahteraanya pun dapat meningkat.

"Dengan adanya subsidi solar bagi nelayan ini, biaya operasional mereka pasti akan menurun. Mereka akan perlahan terlepas dari ketergantungan pada rentenir," ujar Fadia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: