ITSNU Pekalongan Jalin Kerjasama dengan Pemda Kaimana Papua Barat

ITSNU Pekalongan Jalin Kerjasama dengan Pemda Kaimana Papua Barat

ITSNU Pekalongan jalin kerjasama dengan Pemda Kaimuna Papua Barat.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN - Mantapkan tri dharma perguruan tinggi untuk pembangunan daerah, ITSNU Pekalongan jalin kerjasama dengan Pemda Kaimana Papua Barat.

Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Rektor ITSNU Pekalongan Haryadi dan Bupati Kaimana Freddy Thie, di Aula ITSNU Pekalongan di Kedungwuni, Rabu, 30 Agustus 2023.

Kegiatan penandatanganan MoU ITSNU pekalongan dengan Pemda Kaimana Papua Barat ini dihadiri Asisten I Pemkab Pekalongan Abdul Baqi, Ketua PCNU Kabupaten Pekalongan, KH Muslikh Khudlori, Sekda Kabupaten Kaimana Donald Raymond Wakum, Dandim 1804 Letkol Inf Ruruh Sejati, Kajari Kaimana Anton Markus Londa, dan Ketua MUI Kaimana Muhammad Zain Fariza.

Rektor ITSNU Pekalongan Haryadi mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada Bupati Kaimana yang selama ini telah mempercayakan ITSNU Pekalongan untuk ikut mencerdaskan anak bangsa, termasuk warga Kabupaten Papua Barat. 

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Freddy yang senantiasa memberikan kepercayaan kepada kami ITSNU Pekalongan dengan mengirimkan mahasiswa-mahasiswi asal Kaimana untuk belajar di sini,” ujarnya.

Baca juga:Tingkatkan Daya Saing Bengkel Rumahan, ITSNU Pekalongan Bikin Sandblasting

Haryadi menyampaikan bahwa selama kuliah di ITSNU Pekalongan semua mahasiswa asal Kaimana diharuskan tinggal di pondok pesantren. Adapun pondok pesantren tersebut adalah pondok pesantren yang direkomendasikan oleh PCNU Kabupaten Pekalongan, yaitu Ponpes Nurul Islam dengan pengasuh KH Sirojudin Hasan Surobayan Wonopringgo. 

“Ikhtiar ini semua dengan harapan semoga memberikan manfaat dan mashlahat untuk agama, bangsa dan negara, karena ITSNU Pekalongan mempunyai prinsip tidak hanya membela agama saja, akan tetapi juga membela keutuhan berbangsa dan bernegara,” tegas Haryadi.

Bupati Kaimana Freddy Thie menyadari bahwa pendidikan adalah salah satu faktor terciptanya peradaban manusia yang berkemajuan, oleh karenanya Pemerintah Kabupaten Kaimana memandang pembangunan di bidang pendidikan sebagai salah satu program utama yang serius diprioritaskan oleh pemerintah kabupaten Kaimana. 

“Melalui anggaran otonomi khusus, kami Pemerintah Kabupaten Kaimana telah membebaskan biaya sekolah dari tingkat SD sampai tingkat SLTA, dan juga sangat mendorong para lulusan SLTA untuk bisa melajutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi, termasuk di ITSNU Pekalongan,” ungkap Bupati Kaimana Freddy Thie.

Baca lagi:Lewat Pengabdian Masyarakat, Prodi Sarjana Farmasi UMPP Kenalkan Swamedikasi Obat Herbal

Sementara Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten I Abdul Baqi, menyampaikan ITSNU Pekalongan sangatlah visioner dalam mengamalkan Tri Darma Perguruan Tinggi, terkhusus untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

“Ini terbukti ITSNU Pekalongan sekarang ini mampu mengangkat marwah ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemanfaatan dan kemashlahatan warga masyarakat yang tidak hanya berasal dari lokal Pekalongan saja, akan tetapi yang berasal dari luar daerah, termasuk yang berasal dari Papua,” katanya.

Bupati Fadia  mengharapkan bahwa kerjasama ini akan menjadi langkah maju dalam mewujudkan visi pembangunan yang lebih baik dan berkelanjutan. “Semoga acara hari ini tidak berhenti pada MoU saja namun ada tindak lanjut yang nyata dalam rangka implementasi hasil dari MoU ini.,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: