Gerakan Semen Rakyat Jilid 2, Warga Songgodadi Swadaya Perbaiki Jalan Kabupaten yang Rusak

Gerakan Semen Rakyat Jilid 2, Warga Songgodadi Swadaya Perbaiki Jalan Kabupaten yang Rusak

Warga Desa Songgodadi Petungkriyono Kabupaten Pekalongan gotong-royong cor jalan kabupaten yang rusak melalui gerakan semen rakyat.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN - Gerakan semen rakyat jilid 2 dilakukan masyarakat Desa Songgodadi, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan.

Dengan gerakan swadaya masyarakat ini, warga di pegunungan ini gotong-royong perbaikan jalan kabupaten yang rusak di wilayah atas tersebut.

Ruas jalan Curugmuncar-Songgodadi di Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan hingga saat ini tak kunjung ada perbaikan. Padahal, jalan kabupaten ini akses utama masyarakat di wilayah pegunungan tersebut.

Sudah banyak pengendara sepeda motor terjatuh akibat jalan rusak parah. Termasuk anak-anak sekolah. Maklum, banyak anak SMP dan SMA di desa ini tempuh medan ekstrem dengan naik motor ke sekolah di pusat kecamatan.

Agar jalan lebih layak dilalui, maka warga desa setempat kembali swadaya untuk memperbaiki kerusakan jalan di ruas itu. Tak semua jalan rusak diperbaiki. Hanya di titik-titik yang dinilai paling membahayakan.

Baca juga:Warga Songgodadi Mimpikan Jalan Bagus

Warga di pegunungan ini swadaya iuran semen dan pasir. Makanya disebut gerakan semen rakyat untuk jalan kabupaten. Untuk tenaga kerja, ratusan warga turun ke jalan semua, tanpa mengenal gender. Pria dan wanita ikut kerja bakti semua ngecor jalan yang rusak.

Tokoh masyarakat Desa Songgodadi, Daslam, Kamis, 31 Agustus 2023, mengatakan, total panjang jalan ruas Curugmuncar-Songgodadi yang rusak sekitar tiga kilometer. Dengan keterbatasan kemampuan warga, tak semua jalan itu dicor melalui gerakan swadaya masyarakat tersebut.

Menurutnya, hanya titik-titik yang dinilai paling vatal kerusakannya dan membahayakan pengguna jalan. Indikatornya, banyak pengendara motor kerap jatuh di titik-titik tersebut.

"Ini ruas jalan Curugmuncar-Songgodadi di titik Igir Songgowedi. Panjangnya sekitar 25 meter kali lebar 2 meter. Di titik Lempong ada 20 meter kali 2 meter, di titik Munggang ada sekitar 30 meter kali 2 meter. Masih ada dua titik lagi yang berlanjut besok," kata dia saat menyebut beberapa titik jalan yang dicor.

Baca lagi:Jalan Yosorejo - Songgodadi Rusak Parah

"Kekurangan pasir sore ini akan didatangkan satu dump lagi, semennya masih banyak makanya warga sepakat semua jalan ruas Curugmuncar-Songgowedi yang rusak diperbaiki," lanjut dia.

Total keseluruhan jalan yang dicor panjang 150 meter kali lebar 2 meter. Ini dibagi di empat titik. Itu yang dinilai kerusakannya paling parah.

"Banyak pengguna jalan jatuh," ungkap dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: