9 Manfaat Pare untuk Kesehatan, Menurunkan Kadar Gula Darah hingga Menjaga Kesehatan Tulang

9 Manfaat Pare untuk Kesehatan, Menurunkan Kadar Gula Darah hingga Menjaga Kesehatan Tulang

Pare si pahit kaya manfaat untuk kesehatan.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Di balik rasanya yang pahit, pare (Momordica charantia) memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat pare untuk kesehatan diantaranya mampu menurunkan kadar gula darah, sembuhkan herpes, mencegah kanker payudara hingga menjaga kesehatan tulang.

Meski berasa pahit, namun pare tetap lezat untuk menu makan kita. Baik itu untuk lalapan, tumis, atau aneka olahan sayuran lainnya. 

Tak disangka, dibalik pahitnya pare kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Maka sayuran ini bisa dimasukkan dalam daftar menu sajian keluarga kita, agar tubuh kita tetap sehat dengan khasiat dari pare.

Namun perlu ketahui, biji pare mengandung triterpenoid yang mempunyai aktivitas anti spermatozoa. Dalam penelitian lainnya, dampak makan pare dalam jangka panjang justru bisa merusak liver. Parahnya lagi kesuburan dan kejantanan akan berpengaruh lantaran sperma mati, impotensi hingga buah zakar dan hormon pria rusak. 

Bagi wanita hamil, batasi makan pare. Pasalnya, percobaan pada tikus menunjukkan pemberian jus pare menimbulkan keguguran.

Pare memiliki kandungan beragam nutrisi penting. Yaitu vitamin A, C, E, B1, B2, B3, dan B12. Selanjutnya ada kandungan mineral seperti zat besi, kalsium, kalium, zinc, magnesium, dan fosfor, karbohidrat dan serat; serta antioksidan seperti flavonoid, fenol, lutein dan zeaxanthin. 

Oleh karena itu, pare yang mudah dijumpai dan harganya terjangkau ini sudah sejak lama dipercaya sebagai tanaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan.  

Baca juga:Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol, Berikut 8 Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan

Berikut manfaat pare untuk kesehatan seperti dilansir dari beberapa sumber:

1. Menurunkan kadar gula darah

Senyawa dalam pare ada yang dapat bertindak seperti insulin. Tugasnya untuk mengolah gula darah menjadi energi di dalam sel tubuh. Beberapa penelitian membuktikan, konsumsi pare dapat mengurangi kadar gula darah dan menurunkan HbA1c penderita diabetes tipe 2 meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. 

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Konstipasi dapat dicegah dengan kandungan serat yang tinggi pada pare. Jangan berlebihan makan pare karena efek sampingbta bisa menyebabkan diare dan muntah.

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: