10 Media Tanam untuk Anggrek yang Cocok dan Mudah Digunakan, Bikin Anggrek Jadi Cepat Berbunga

10 Media Tanam untuk Anggrek yang Cocok dan Mudah Digunakan, Bikin Anggrek Jadi Cepat Berbunga

10 Media Tanam untuk Anggrek yang Cocok dan Mudah Digunakan, Bikin Anggrek Jadi Cepat Berbunga--Freepik

2. Kulit Pinus

Media tanam untuk anggrek yang selanjutnya yaitu berupa kulit pinus.

Bagi kalian yang tinggal di dataran tinggi, seharusnya tidaklah cukup sulit untuk mencari media tanam yang satu ini. Namun saat ini media tanam berupa kulit pinus juga sudah banyak dijual dimana-mana, sehingga cukup mudah untuk menemukan media tanam ini.

Kulit pinus diketahui merupakan media tanam yang dapat menyerap dan menyimpan air cukup banyak, sehingga akan cocok untuk media tanam bagi bunga anggrek yang sangat suka dengan air seperti cattleya.

Jika kalian berminat untuk membuat sendiri media tanam dari kulit pinus, Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan mencincang kulit pinus tersebut menjadi potongan-potongan kecil.

Setelah menjadi potongan-potongan kecil, rendam kulit pinus tersebut selama satu malam agar kandungan tanin dalam kulit pinus tersebut hilang.

Setelah direndam selama satu malam, cucilah kembali kulit pinus tersebut menggunakan air bersih yang mengalir, jemur sebentar sebelum kulit pinus digunakan sebagai media tanam anggrek.

3. Pakis

Media tanam untuk anggrek yang berikutnya adalah pakis.

Biasanya, sebelum pakis akan dijadikan kombinasi dan pelengkap dalam media tanam anggrek, pakis akan dirajang atau dicacah sampai lumayan halus terlebih dahulu.

Kandungan mineral dalam pakis diketahui sudah cukup banyak dan beragam pada saat awal digunakan, sehingga kalian tidak perlu menambahkan pupuk tambahan lagi pada masa awal tanam.

Perlu diingat, karena pakis memiliki sifat poros atau tidak suka air, kalian harus rutin menyiram tanaman anggrek kalian setelah dipindahkan ke media tanam yang satu ini secara rutin.

Media tanam berupa pakis ini sangat cocok untuk jenis anggrek yang tidak terlalu menyukai air seperti dendrobium.

4. Hidroton

media tanam untuk anggrek yang lainnya yaitu hidroton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: