10 Media Tanam untuk Anggrek yang Cocok dan Mudah Digunakan, Bikin Anggrek Jadi Cepat Berbunga

10 Media Tanam untuk Anggrek yang Cocok dan Mudah Digunakan, Bikin Anggrek Jadi Cepat Berbunga

10 Media Tanam untuk Anggrek yang Cocok dan Mudah Digunakan, Bikin Anggrek Jadi Cepat Berbunga--Freepik

Hidroton merupakan media tanam yang cocok untuk anggrek yang sangat menyukai air seperti anggrek bulan. Hal ini dikarenakan media tanam yang satu ini sangat mudah untuk menyerap dan menyimpan air dalam jumlah yang sangat banyak.

Hidroton juga diketahui dapat dilewati udara yang mampu membuat bunga anggrek menjadi semakin sehat.

Baca Juga: 12 Tanaman Hias yang Mampu Menyerap Polusi Udara, Efektif Bersihkan Udara

5. Moss Putih

Moss putih merupakan salah satu media tanam untuk anggrek yang paling sering dijumpai, khususnya untuk anggrek bulan dan cattleya. Hal ini dikarenakan moss putih mampu menyerap dan menyimpan air.

Yang perlu diingat saat kalian menggunakan media tanam yang satu ini adalah intensitas penyiraman. Perhatikan betul apakah moss putih masih menyimpan banyak air atau tidak agar tidak menyebabkan penyiraman yang berlebihan yang dapat mengakibatkan akar menjadi busuk.

Bagi kalian yang masih pemula disarankan mengkombinasikan moss putih dengan media tanam yang tidak terlalu menyerap banyak air seperti sekam bakar untuk mengurangi resiko pembusukan pada akar karena penyiraman yang berlebihan.

6. Moss Hitam Atau Akar Kadaka

Tidak seperti moss putih, moss hitam ini lebih cenderung stabil dalam menyerap dan menyimpan air.

Apabila kalian ingin menggunakan akar kadaka atau moss hitam ini sebagai media tanam, cucilah terlebih dahulu moss hitam ini dan jemur sebentar sebelum siap untuk digunakan.

7. Sabut Kelapa

Penggunaan sabut kelapa untuk media tanam anggrek memang yang paling sering dijumpai karena aplikasinya yang mudah, mencarinya juga tidaklah susah dan harganya yang sangat terjangkau.

Penyiraman anggrek menggunakan media tanam yang satu ini juga tidak perlu perhatian ekstra sehingga sangat cocok untuk pemula yang ingin menanam dan merawat anggrek. Hal ini dikarenakan sabut kelapa cukup stabil dalam mengakumulasi air.

8. Kayu

Kayu diketahui merupakan salah satu habitat asli untuk tanaman anggrek, karena sebelum banyak dibudidayakan, anggrek merupakan tanaman yang memang tumbuh di batang pohon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: