Kontrak Proyek Pasar Banjarsari Ditandatangani, Pembangunan Ditarget Rampung 365 Hari

Kontrak Proyek Pasar Banjarsari Ditandatangani, Pembangunan Ditarget Rampung 365 Hari

LELANG - Pengumuman pemenang lelang pembangunan Pasar Banjarsari Kota Pekalongan pada laman lpse.pu.go.id.-Wahyu Hidayat-

KOTA - Proses lelang pembangunan Pasar Banjarsari Kota Pekalongan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR sudah selesai. Pemenang lelang adalah PT Adhi Persada Gedung, dengan nilai Rp131,4 miliar.

Merujuk LPSE PUPR pada laman lpse.pu.go.id, penetapan dan pengumuman lelang telah dilaksanakan pada 30 Agustus 2023. Setelah melalui tahapan masa sanggah yang berakhir pada 4 September 2023, pihak rekanan selaku pemenang lelang melakukan penandatanganan kontrak pada 6 September 2023.

Dengan telah dilakukannya penandatanganan kontrak pekerjaan, maka diharapkan proses kontruksi fisik pembangunan Pasar Banjarsari bisa segera dilakukan. Sesuai dokumen lelang, pekerjaan konstruksi pembangunan Pasar Banjarsari Kota Pekalongan ini berlangsung selama 365 hari kalender, terhitung sejak kontrak ditandatangani atau SPK.

Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid bersyukur akhirnya proses lelang pembangunan Pasar Banjarsari telah selesai. Apalagi, sebelumnya, sempat ada penundaan pengumuman pemenang lelang hingga 11 kali.

"Terkait Pasar Banjarsari, alhamdulillah di tanggal 30 Agustus 2023 lalu sudah ditetapkan pemenang lelang. Kota Pekalongan hanya sebagai penerima manfaat, dan kewenangan ada di Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR, Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah I Provinsi Jawa Tengah," kata Aaf, Selasa malam (5/9/2023).

Pemkot Pekalongan sangat berharap pembangunan Pasar Banjarsari bisa segera dilaksanakan. Dibangunnya kembali Pasar Banjarsari juga sudah dinanti-nanti masyarakat. Terutama para pedagang yang saat ini masih menempati kios pasar darurat di Patiunus dan Sorogenen.

"Alhamdulillah respon dari Pemerintah Pusat sudah bagus. Bahkan, saat kedatangan Bapak Presiden Jokowi selaku RI1 kemarin ke Kota Pekalongan dalam rangka Muktamar Sufi Internasional, kami langsung ngomong ke beliau agar pembangunan kembali Pasar Banjarsari Kota Pekalongan ini menjadi perhatian. Sebab, sempat terjadi penundaan 10 kali pemenang lelang," ungkap Aaf.

Dari laman LPSE tersebut diketahui, dari nilai pagu paket atau nilai HPS (Harga Perkirtaan Sementara) Paket sebesar Rp164,267 miliar, PT Adhi Persada Gedung memberikan harga penawaran Rp131,4 miliar. Artinya, harga penawaran tersebut lebih rendah sekitar Rp33 miliar dibanding pagu anggaran (HPS). 

Pekerjaan infrastruktur dengan nama paket Pembangunan Pasar Banjarsari Kota Pekalongan ini dibiayai dari sumber pendanaan APBN 2023 melalui Kementerian PUPR, Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah I Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2023-2024. (way)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: