Buktikan Kemampuan Motor Listrik, Komunitas Gesit Rider Indonesia Touring Jakarta-Dieng

Buktikan Kemampuan Motor Listrik, Komunitas Gesit Rider Indonesia Touring Jakarta-Dieng

Touring - Touring bersama komunitas GRID saat singgah mengecas motor listrik di SPKLU PLN UP3 Pekalongan, Sabtu (9/9/2023).-FOTO-Dwi Fusti Hana Pertiwi

PEKALONGAN- Komunitas Gesit Rider Indonesia (GRID) uji kemampuan motor listrik dengan melakukan touring bersama, sejak tanggal 8 hingga 10 September 2023.

Kegiatan yang bertajuk 'Ev Adventure Dieng Plateu 2023' ini diikuti oleh sekitar 35 peserta pengguna motor listrik dari beberapa daerah, dengan menempuh rute dari Jakarta menuju Dieng sejauh 800 kilometer. 

Ketua Komunitas GRID, Maman Suparman, mengatakan, kegiatan touring ini memiliki tujuan edukasi bahwa kendaraan motor listrik ini sudah bisa disamakan dengan kendaraan motor konvensional.

"Penggunaan motor listrik sendiri lebih efisien dan terbukti lebih ramah lingkungan," kata Maman, Sabtu (9/9/2023).

Selama perjalanan touring, Maman mengaku terbantu dengan adanya dukungan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai technical support, penyedia fasilitas SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) sebagai rest area para peserta.

Dan PLN Pekalongan jadi salah satu rest area tersebut, tepatnya di PLN UP3 Pekalongan.

"Kita dari komunitas di support oleh kantor-kantor PLN yang kita lewati. Salah satunya di PLN UP3 Pekalongan ini, kita bisa istirahat sekalian charging motor sekaligus," lanjut Maman.

Ada beragam merek motor listrik yang ikut dalam kegiatan touring tersebut, mulai dari Polytron, Blitz, Gesits dan lainya. 

"Hal yang perlu diperhatikan saat touring menggunakan motor listrik. Yang utama kondisi baterai. Untuk motor listrik yang kita gunakan rata-rata spek baterai sekitar 4 kWh dengan jarak tempuh sekitar 150 km," jelasnya.

Dia melanjutkan, lewat kegiatan ini pihaknya berharap masyarakat Indonesia sudah mulai beralih menggunakan kendaraan listrik. Sebab, tidak hanya efisien namun juga lebih aman.

"Saya tekankan disini tidak perlu ragu menggunakan motor listrik. Tidak usah takut akan hujan atau pun banjir, sudah saya buktikan sendiri semuanya aman. Yang terpenting memilih spek yang benar," ucap Maman.

Ditempat sama, Manager PLN UP3 Pekalongan, Triyono, mengaku pihaknya selalu mendukung pelaksanaan program yang melibatkan kendaraan listrik.

"Disini kita sudah memiliki SPKLU yang berada di kantor UP3 Pekalongan baik itu mobil atau motor listrik sudah bisa mengecas di sini. Selain itu, kita ada SPKLU Ultra Fast Charging 200 ampere yang berada di ruas tol Semarang-Batang KM 37 9A. Disini mengecas mobil listrik hanya sekitar 20 menit hingga 30 menit sudah bisa full," kata Triyono disela penyambutan para komunitas GRID di UP3 Pekalongan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: